Wacana Penggunaan Konverter Kit untuk Nelayan Gagal

Senin, 19 Juli 2021 | 06:43:05 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, KUALATUNGKAL - Wacana penggunaan konverter Kit yang merupakan  alat konversi bahan Bakar minyak (BBM) ke bahan bakar Gas (BBG) bagi nelayan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), dipastikan gagal dilaksanakan.

Buktinya,  tidak ada satu pun mesin perahu nelayan yang menggunakan konverter Kit. Untuk melaut, nelayan masih menggunakan bahan bakar minyak.

Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Tanjabbar menyebutkan, bahwa kegagalan peluncuran program peralihan penggunaan bahan bakar ini disebabkan ketidak cocokan mesin yang digunakan nelayan dengan alat yang dibagikan.

“Mesin yang digunakan dengan alat (konverter Kit) tidak cocok. Makanya, nelayan kita masih bertahan dengan bbm,"sebut Neti.

Menurut Neti,  penggunaan konverter Kit bisa dilaksanakan, asalkan mesin yang digunakan nelayan juga digantikan. Dan itu butuh Anggaran yang tidak sedikit.

Seperti diketahui tahun 2013 lalu, ribuan nelayan di Tanjabbar akan menjadi daerah percontohan (pilot project) konversi bbm ke gas.

Nelayan yang tadinya menggunakan BBM sebagai bahan bakarnya diberi sosilaisasi untuk pindah ke Gas. Peralihan BBM ke BBG bisa menghemat pengeluaran nelayan. Nelayan bisa menghemat pengeluaran belanja bahan bakar hingga 70 persen. (son)






BERITA BERIKUTNYA
loading...