Pemkot Berencana Tingkatkan Puskesmas Talang Bakung Jadi RS Tipe C

Butuh Rp13 Miliar Rehab Lima Puskesmas

Kamis, 22 Juli 2021 | 07:31:11 WIB

REHAB PUSKESMAS: Wali Kota Jambi, Sy Fasha meninjau salah satu puskesmas di wilayahnya yang membutuhkan rehab bangunan untuk menaikkan status dan perbaikan layanan kepada masyarakat.
REHAB PUSKESMAS: Wali Kota Jambi, Sy Fasha meninjau salah satu puskesmas di wilayahnya yang membutuhkan rehab bangunan untuk menaikkan status dan perbaikan layanan kepada masyarakat. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi tahun depan akan mengucurkan dana sekitar Rp13 miliar untuk membangun dan merehab beberapa Puskesmas. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR Kota Jambi, Momon Sukmana.

Kata dia, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan perencanaan pembangunan beberapa Puskesmas tersebut. Jika anggaran memungkinkan, maka ada sebanyak lima Puskesmas yang menjadi prioritas. Di antaranya adalah Puskesmas Paal V, Puskesmas Simpang IV Sipin, Puskesmas Aurduri, Puskesmas Kenali Besar dan Puskesmas Talang Bakung.

"Kami sudah turun langsung bersama dengan Wali Kota Jambi. Ada perlu penambahan seperti ruang IGD dan ruang rawat inap, serta beberapa perbaikan tekstur bangunan," katanya.

Kata Momon, untuk saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah pembangunan dan rehab Puskesmas tersebut merupakan prioritas utama tahun 2022. "Yang jelas kami diminta untuk mempersiapkan perencanaannya dulu tahun ini. Perkiraan anggaran sekitar Rp13 miliar," jelasnya.

Dia menambahkan jika anggaran yang tidak mencukupi, maka bisa saja nantinya dilakukan pembangunan dalam dua tahap yaitu tahap 1 dan tahap 2.  

Sebelumnya Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan, Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama. Hal itu sangat dibutuhkan masyarakat.

“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien, maka Puskesmas harus kita kembangkan. Karena ada beberapa daerah untuk ke rumah sakit cukup jauh,” kata Fasha.

Ia juga memiliki rencana Puskesmas  Talang Bakung akan dibangun rumah sakit tipe C. 

"Akan dibuat perencanaan terlebih dahulu untuk pengembangan tersebut. Dihitung kebutuhan anggaran dan kesanggupan dari APBD Kota Jambi. Kita upayakan setiap tahun ada pengembangan. Dibuat perencanaan dahulu. dihitung kebutuhan dananya berapa. Setiap tahun kita sangggupnya berapa,” tuturnya.

Untuk pengembangan pembangunan tersebut kata Fasha, pihaknya akan mengambil sumber dana dari APBD Kota Jambi.

“Jika memungkinkan APBN kita ajukan APBN. Yang jelas tahun depan kita benahi semua,” pungkasnya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...