Tak Ada Hewan Kurban Bermasalah selama Idul Adha

Kamis, 22 Juli 2021 | 07:31:43 WIB

KURBAN: Salah satu hewan kurban yang dipotong pada peringatan Idul Adha beberapa hari lalu. Pemkot tidak menemukan masalah pada pengadaan hingga penyembelihan hewan kurban.
KURBAN: Salah satu hewan kurban yang dipotong pada peringatan Idul Adha beberapa hari lalu. Pemkot tidak menemukan masalah pada pengadaan hingga penyembelihan hewan kurban. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Suasana Idul Adha 1442 H atau biasa dikenal dengan lebaran haji masih terasa di Kota Jambi hingga saat ini. Ini ditandai dengan, masih adanya beberapa kelompok warga yang memotong hewan kurban. Tak terkecuali di Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Jambi.

Kepala DPKP Kota Jambi, Rd Erwansyah mengatakan, pada hari kedua Idul Adha Rabu (21/7), pihaknya telah melayani pemotongan 16 sapi dan 4 kambing dari instansi vertikal yang menggunakan jasa RPH DPKP Kota Jambi.

“Bahkan besok (Kamis,red) sudah ada yang daftar pemotongan dari 6 kelompok. Ada retribusinya, seperti potong 1 sapi itu tarifnya Rp50 ribu,” kata dia.

Memang, pada tahun ini jumlah pemotongan hewan kurban di RPH tahun ini menurun dari tahun sebelumnya. Biasanya selama dua hari dalam suasana Idul Adha bisa mencapai 40 pemotongan hewan kurban. Salah satu alasanya yakni pandemi Covid-19.

Lanjutnya, mengenai pemotongan hewan di tengah masyarakat, Rd Erwansyah mengaku telah menurunkan beberapa tim. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan kurban dalam kondisi sehat.

“Kami imbau kepada RT dan Lurah, jika dirasakan hewan kurban yang akan disembelih masyarakat ada gejala sakit silakan hubungi kami. Nanti akan ada tim yang turun untuk menangananinya,” jelasnya.

Sementara, sejauh ini dipastikan Rd Erwansyah, tidak ditemukan adanya penyakit hewan yang fatal seperti anthrax maupun sapi gila. Melainkan hanya sakit-sakit ringan. 

“Belum ada yang membahayakan. 4 hari sebelum Idul Adha ada 99 hewan ternak yang sakit dan sudah kita obati dan pulih. Sehingga bisa dipotong,” bebernya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...