Tebo Kekurangan Armada Sampah

Kamis, 22 Juli 2021 | 07:35:18 WIB

(Zainur/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, TEBO- Dengan wajah Kabupaten Tebo yang bersih, ada 6 unit mobil kebersihan yang kewalahan. Jumlah itu diakui kurang oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tebo, melalui Kasi Pelayanan Kebersihan dan Pengolahan Samapah Arpan.

Dikatakan Arpan, dari 6 unit mobil sampah tersebut, ditempatkan di Tebo tengah sebanyak 3 unit, Kemudian di Kecamatan Rimbo bujang ditempatkan sebanyak 2 Unit, selanjutnya satu unit kendaraan lagi ditempatkan di Pulau Temiang. 

Masih Kata Arpan, khusus truk yang ditempatkan di Pulau Temiang tidak bisa membantu ke daerah lain, hal ini dikarenakan dengan volume sampah yang ada sudah kewalahan.

Dari jumlah itu, paling tidak harus dilakukan penambahan truk pengangkut sampah sebanyak 3 unit. Pasalnya setiap hari dari dua kecamatan di Kabupaten Tebo, sampah yang di bawa ke TPA sebanyak 5 truk artinya kendaraan kewalahan dengan jarak yang ditempuh.

"Untuk yang ditempatkan di kecamatan Tebo tengah harus bergilir setiap hari mengambil sampah di Tebo Ilir dan Tengah Ilir untuk di bawa ke TPA yang berada di Ladang Pajang Kecamatan Rimbo Ilir,”katanya.

Selain jumlah armada truk yang kurang, kendaraan Becak Motor (Bentor) yang mengumpulkan sampah warga ke TPS juga kewalahan. Kini kabupaten Tebo hanya memiliki 13 bentor yang ditempatkan di 4 kecamatan. Dan jumlah tersebut paling tidak harus ditambah 10 unit lagi.

Dijelaskannya untuk Bentor sendiri ditempatkan di Kecamatan Tebo Tengah 7 unit, kemudian Tebo Ilir 1 unit, kemudian Tebo Ulu 1 unit dan sebanyak 4 unit ditempatkan di Kecamatan Rimbo Bujang. Jika nantinya ada penambahan armada nantinya akan diratakan secara penempatan.

"Kita butuh tambahan juga, dengan jumlah TPS yang sedikit, kita harus menjemput sampah warga,”ungkapnya.

Selain itu, apabila ditambahkan jumlah bentor dan truk, artinya jumlah tenaga kebersihan juga harus ditambah lagi. Menurutnya ini perlu, karena untuk menjaga kebersihan kabupaten Tebo. (cr09)






BERITA BERIKUTNYA
loading...