Dua Kecamatan Diusulkan Jaringan Pipanisasi

PDAM Tirta Muaro Surplus Produksi 

Senin, 13 September 2021 | 06:28:12 WIB

()

JAMBIONE.COM, TEBO- Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Muaro Kabupaten Tebo, dari 14 titik layanan pengolahan air. Kini memiliki surplus produksi air bersih, ini diungkapkan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Muaro Budi Irawan ketika dikonfirmasi.

Dikatakanya untuk saat ini kapasitas produksi air bersih, masih aman. Dari 14 titik pengolahan air bersih yang ada di kabupaten Tebo, mampu memproduksi air bersih sebanyak 225 liter per detik. Jumlah ini masih cukup untuk melayani pelanggan di kabupaten Tebo.

"Untuk Idle kita masih pada angka  80 liter perdetik,”katanya.

Dijelaskan oleh Budi, untuk perhitungan idle (anggka penggunaan) kabupaten Tebo berbeda dengan wilayah lain. Pasalnya di Tebo bukan terpusat untuk produksi air bersih. Melainkan, ada 14 titik pengolahan air bersih. Dan setiap daerah memiliki kapasitas tersendiri.

"Kita terpisah, perhitungan 14 lokasi pengolahan air,” ungkapnya.

Lanjut Budi, kini PDAM Tirta Muaro Kabupaten Tebo melayani pelanggan sebanyak 13532 sambungan rumah. Yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di kabupaten Tebo. Dua kecamatan yang belum teraliri adalah Tebo Ilir dan serai serumpun.

Untuk dua kecamatan ini, Kecamatan Tebo Ilir sudah diajukan beberapa waktu lalu namun masih terkendala dengan pembebasan lahan. Kemudian untuk kecamatan Serai Serumpun akan diajukan namun jumlah penduduk belum memenuhi syarat.

Dari surplus produksi air diatas, kata Budi, PDAM Tirta Muaro masih mampu menambah saluran rumah atau pelanggan sebanyak 4 sampai 5 ribu pelanggan. 

 "Untuk pipanisasi kita terus berlangsung, dan Kuta tambah setiap tahunnya melalui usulan ke kementerian PU,”ungkapnya. (uri)






BERITA BERIKUTNYA
loading...