Harga Sepeda Lipat Makin Hancur, Pedagang Banting Diskon!

Selasa, 14 September 2021 | 19:43:01 WIB

()


Jambione.com- Harga sepeda makin turun drastis dalam tiga bulan terakhir terutama jenis sepeda lipat. Tren penurunan harga sudah terjadi setidaknya sejak Juni 2021, menurut pengakuan para pedagang.
Pada tahun lalu harga sepeda memang mengalami kenaikan signifikan. Harga sepeda terus terkoreksi efek dari tren gowes yang sudah memudar di masyarakat.

"Makin turun, itu penyesuaian pasar, kemarin itu baru penyesuaian harga. Sekarang dengan kondisi dilepas segitu belum cukup kompetitif, dan masih nggak maksimal penjualannya, bisa diturunkan lagi. Dari awal penurunan harga kena 30%," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/9/21).

Menurunkan harga menjadi langkah anyar penjual demi bisa menghabiskan stoknya saat ini. Pasalnya, ada perkiraan sejak beberapa bulan lalu tren sepeda akan tetap stabil sehingga permintaan tetap tinggi. Sayang, penerapan PPKM darurat pada Juli lalu membawa dampak besar pada angka penjualan.

"Ekspektasi produsen importir nggak sesuai harapan karena stok banyak sekali, makanya harga sepeda sekarang paling di bawah, dan banyak bonus di beberapa brand tertentu, penjualan sepeda dibonusin, banyak asesoris, helm, tas, atau gratis ongkir untuk mendorong penjualan lebih cepat," jelas Eko.

Demi mendongkrak penjualan, maka langkah itu mau tidak mau dilakukan. Jika tidak, maka stok di gudang akan semakin bertambah banyak.

"Itu dihitung bonus aja sudah berapa, sekarang sudah turun lagi. Memang nggak bisa digeneralisir, tapi beberapa brand lah. Stok yang ini dianggap sudah lalu, jadi dihabisin dulu stok masih banyak," jelas Eko.

Salah satu penjual yang mulai melakukan cara ini adalah Rodalink, yakni dengan memberikan gratis ongkos kirim. Transaksi part, aksesoris dan apparel di atas Rp 500,000.- atau per sepeda di atas Rp 2,000,000.- akan mendapatkan gratis ongkos kirim penuh untuk pengiriman ke Pulau Jawa sebanyak 2x per akun. Pembeli harus memasukkan kode voucher tertentu.

"Transaksi sepeda, part, aksesoris dan apparel diatas Rp 10,000,000.- tujuan pengiriman luar Pulau Jawa, gratis ongkos kirim sampai dengan Rp 100,000.- dengan kode voucher RODALINKSEPTEMBER100 untuk 100 pengguna pertama. Promo berlaku hingga 30 September 2021," tulis Rodalink dilansir dari situsnya.

Berikut harga beberapa jenis sepeda lipat, terbaru:

Noris Pro 20' (Rp 5,6 juta)

Noris Pro 16' (Rp 5,1 juta)

Noris RS (Rp 3,5 juta)

Noris RX 20' (Rp 3,8 juta)

Noris Batman 16' (Rp 3,85 juta)

Noris 1.0 VT 16 (Rp 3,25 juta)

Noris RX 16 (Rp 3,7 juta)

Element Folding Bike Clip 451 8 Speed (Rp 3,87 juta)

Element Folding Bike Ecosmo 8 Edisi Marvel Venom (Rp 3,75 juta)

Element Folding Bike Ecosmo 8 Speed Edisi JD ID (Rp 4 juta)

Element Folding Bike Ecosmo 8 Speed Edisi BOSQUE (Rp 3,5 juta)

Element Folding Bike Ecosmo Captain America Edition (Rp 3,15 juta)

Police Folding Bike Milan 8 Speed (Rp2,1 juta)

Folding Foldx 8 Speed (Rp2,9 juta)

Police Folding Bike Milan Rans 2.0 (Rp2,1 juta)

Police Folding Bike Milan 8 Speed Edisi Rans (Rp2,45 juta). (hoi/hoi)

 

sumber:CNBCIndonesia






BERITA BERIKUTNYA
loading...