Herry Maitimu, Sahabat Elyas Pical Pelatih Tinju Jambi

Akan Persembahkan Kemampuan Terbaik untuk Petinju Jambi

Rabu, 15 September 2021 | 07:12:54 WIB

Herry Maitimu
Herry Maitimu (Indrawan/Jambione.com)

INDRAWAN SETYADI, Kota Jambi

==============

MALANG melintang di dunia adu jotos membuat ilmu Herry Maitimu makin matang. Maka tak heran jika ia pun didapuk menjadi kepala pelatih tim tinju Jambi untuk tampil di PON XX di Papua. Iya, pria Ambon Manise kelahiran 64 tahun ini sudah sekian lama membela Jambi di ajang tinju amatir. Berbagai mdali pun sudah ia persembahkan untuk Jambi.

Seiring usia, ia pun kini mendapat kepercayaan untuk menukangi 3 petinju Jambi yang kini telah memastikan tiket mereka untuk tampil di Papua. Ketiga petinju tersebut adalah Emmanuel di kelas 49 kg putra, Nindi di kelas 54 kg putri, dan Yulianti Sigalingging di kelas 57 kg putri.

"Untuk Emmanuel kita harapkan bisa meraih emas. Sementara Nindi ditarget meraih perak, dan Yulianti perunggu," kata Herry optimistis.

"Saya mohon doanya dari masyarakat Jambi, agar petinju kita bisa meraih medali di Papua dan beban ini cukup berat di pundak saya namun harus optimistis bisa meraih prestasi itu," kata Herry Maitimu, Selasa (14/09/2021).

Jelas bukan tugas ringan. Apalagi misinya kali ini kembali mengisi pundi medali dari cabang emas untuk Jambi yang telah kosong sejak terakhir di PON XVII/2008 di Kaltim. Saat itu dua petinju Jambi, Ano Siringgo Ringgo dan Hawaris sukses menyumbang masing-masing 1 perak untuk Jambi. Sejak itulah dunia tinju amatir Jambi melempem hingga kali ini kembali berhasil menempatkan 3 petinjunya di PON.

Pria kelahiran Ambon, 8 Maret 1957 itu diharapkan mampu mengangkat kembali prestasi olahraga tinju Jambi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Maka dari itu, menjadi tugas berat bagi Harry Maitimu untuk menghadirkan prestasi bagi Jambi dari ajang tunju pada PON XX di Papua yang akan berlangsung tahun ini.

Herry adalah mantan petinju amatir dengan segudang prestasi. Kawan akrab petinju legendaris Elyas Pical ini diharapkan mampu menularkan tuah positifnya ke anak asuhnya.

Soal prestasi di level nasional, Herry tak perlu diragukan. Ia merupakan peraih emas PON X 1981, PON XI 1985, dan PON XII 1989.

Di ajang internasional, Herry pernah meraih emas President's Cup Jakarta 1980 dan 1982, dan emas ASEAN Cup di Singapura 1985, sehingga dijuluki raja kelas layang atau 48 kg.

Suami Ully Hutauruk ini menambahkan, ketiga atlet tersebut tengah fokus menjalani latihan baik mental, fisik dan teknik untuk bisa meraih medali nanti.

Herry juga berharap agar pemerintah tidak mengendorkan perhatiannya kepada bidang olahrga sehingga atlet lebih semangat. Diharapkan pemerintah selalu memberikan perhatian dan kalau ada atlet yang terlantar, pemerintah harus turun tangan.

Selain itu, Herry juga mengharapkan setiap atlet untuk tidak hanya memikirkan prestasi di bidang olahraga, namun juga sejalan dengan bidang akademi atau pendidikan demi masa depan.

"Bagi para atlet, saya berpesan agar tetap memikirkan pendidikan jangan dilupakan karena itu masa depan," kata Herry Maitimu.(*)






BERITA BERIKUTNYA
loading...