Festival Seni Budaya Jambi Sebagai Wadah Kreativitas Mahasiswa

Kamis, 11 November 2021 | 06:47:07 WIB

(Khotib/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban bekerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya Jambi. Kegiatan ini diselenggarakan di Pendopo Pentas Seni dan Budaya Fakultas Adab dan Humaniora, selasa, 9 November 2021.

Festival seni budaya Jambi merupakan wadah kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan  dan melestarikan kebudayaan lokal. Menurut Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr Halimah Dja’far MFilI, perkembangan zaman bergerak sangat cepat. Perkembangan budaya asing bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Gerakan budaya asing yang sangat mudah dikonsumsi oleh masyarakat lokal tentu berpotensi menggerus kebudayaan lokal. Oleh sebab itu, penting diadakan kegiatan-kegiatan yang mengangkat kembali budaya lokal.

Kepala Biro AUPKK Hj Sri Ilham Lubis Lc MPdI, menambahkan, sebenarnya Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Namun generasi muda banyak yang tidak paham bahkan tidak acuh terhadap budaya lokal mereka. Festival Seni budaya Jambi yang diadakan oleh Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban bersama Fakultas Adab dan Humaniora ini merupakan langkah nyata untuk membuka kesempatan budaya lokal kembali eksis di tengah masyarakat khususnya masyarakat Melayu Jambi.

Seiring dengan misi Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban, yakni membangun dan mengembangkan peran UIN Sutha dalam perkembangan peradaban Melayu, H Mislan MPd selaku Ketua Pusat Kajian Melayu menyampaikan bahwa selanjutnya akan diadakan kembali kegiatan-kegiatan serupa yang mengangkat kebudayaan lokal khususnya kebudayaan Melayu Jambi.(bin)






BERITA BERIKUTNYA
loading...