Maulana Buka Rakercab Rabithah Alawiyah Jambi

Wawako Sinergikan Program Bersama Habaib

Senin, 22 November 2021 | 08:20:02 WIB

RAKER: Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, memberikan keterangan pada media pada pembukaan Rakercab Rabithah Alawiyah Jambi.
RAKER: Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, memberikan keterangan pada media pada pembukaan Rakercab Rabithah Alawiyah Jambi. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Rabithah Alawiyah Jambi, yang berlangsung, Sabtu (20/11/2021) dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM.

Rakercab organisasi paguyuban Alawiyyin (sebutan zurriyat Nabi Muhammad SAW) yang berlangsung diruang terbuka Pendopo Said Fariq Muhammad Baraqbah itu dihadiri unsur pengurus sebagai peserta, serta peninjau dari beberapa daerah dalam Provinsi Jambi. Selain itu juga tampak hadir para sesepuh Habaib Jambi sebagai dewan penasehat organisasi tersebut.

Rakercab yang juga dirangkai dengan pelantikan pengurus DPC Rabithah Alawiyah Jambi periode 2021 - 2026 yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19 ini,  juga dirangkai dengan launching Website baru dan aplikasi Rabithah Alawiyah Jambi serta Penyerahan Sertifikat Hibah Gedung Sekretariat Rabithah Alawiyah Jambi dari Habib Husein Sholeh Al-Atthas kepada DPC Rabithah Alawiyah Jambi yang diterima oleh Dr. Saggaf Umar Al-Munawwar mewakili Rabithah Alawiyah Jambi yang juga sekaligus bertindak selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan. tersebut.

Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Kota Jambi, mengatakan Ormas Islam Rabithah Alawiyah sebagai satu-satunya wadah pemersatu Alawiyyin adalah potensi besar yang dimiliki bangsa dan negara Republik Indonesia.

"Kiprah ormas Rabithah Alawiyah ini sudah terbukti, dan tokoh-tokohnya juga sangat banyak berperan bagi bangsa dan negara ini, sejak sebelum masa kemerdekaan hingga saat ini. Potensi inilah yang harus lestari dan kita optimalkan bersama dalam mengisi pembangunan," ujarnya.

Wawako juga mengapresiasi terlaksananya Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Rabitah Alawiyah Jambi tersebut. Menurutnya dengan kepengurusan baru ini Rabithah Alawiyah Jambi harus mampu melahirkan program-program yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

"Saya meyakini di organisasi besar seperti Rabithah Alawiyah ini, banyak pengurusnya yang sangat kompeten, dari berbagai latar belakang keilmuan, yang tentunya mampu melahirkan program strategis kedepan organisasi ini," ujarnya.

Dirinya berharap agar program kerja yang ditetapkan dalam Rakercab tersebut juga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, seperti dalam hal peningkatan pendidikan ummat melalui dakwahnya, penguatan ekonomi ummat serta pemberian pelayanan kesehatan.

"Sehingga Rabithah Alawiyah dapat bersama-sama membangun Kota Jambi, karena basis pembangunan Kota Jambi adalah akhlaq dan budaya," tambahnya.

Wawako juga memuji program utama kerja Rabithah Alawiyah Jambi yang menjadikan peningkatan Ketaqwaan berbasis 5 (lima) pilar yaitu ; Ilmu, Amal, Wara’, Khauf dan Ikhlas”, sebagai titik sentral program kerja yang dituangkan pada Program Utama.

"Program utama Rabithah Alawiyah Jambi yang dirumuskan ini, sejalan dengan perintah agama dan tuntunan Rasulullah SAW, yang diimplementasikan dalam majlis Syi’ar Rahmatan lil’Alamin (Bidang Dakwah), majlis al Maal wa atTamwil (Bidang Pemberdayaan Ekonomi) serta majlis AsySyifa Thibbun Nabawi (Bidang Kesehatan)," terang Wakil Walikota Jambi yang juga pendiri Institut Agama Islam Muhammad Azim tersebut.

Diakhir sambutannya, Wawako Maulana juga meminta para habaib, untuk terus mendoakan Kota Jambi agar mendapat berkah dari Allah SWT.

"Semoga melalui doanya para Habaib, keberkahan selalu tercurah untuk segenap warga Kota Jambi," harapnya.

Ditempat terpisah, Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah yang diwakili Habib Muhammad Anis Alaydrus anggota bidang Keorganisasian DPP Rabithah Alawiyah, yang turut hadir secara virtual dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Jambi yang selama ini telah mensupport kegiatan organisasi Rabithah Alawiyah. Dalam amanahnya Habib Muhammad Anis Alaydrus juga berharap agar Raker tersebut melahirkan program kerja yang SMART.

"Kami berharap Rabithah Alawiyah Jambi segera bekerja mengimplementasikan program kerjanya yang SMART, yakni specific, measurable, accountable, reasenable dan timebound," pesannya. 

Sementara itu, Ketua Rabithah Alawiyah Jambi Habib Abu Bakar Abdurrahman Siwoon Al-Haddad, kepada sejumlah awak media mengatakan, organisasi Rabithah Alawiyah adalah organisasi besar yang telah berdiri sejak 93 tahun yang lalu. Ia juga mengajak seluruh jajaran Rabithah Alawiyah Jambi menguatkan perannya ditengah-tengah masyarakat. 

"Rabithah Alawiyah ini bukan organisasi baru, organisasi massa ini telah berdiri sejak 93 tahun yang lalu, berdiri  2 bulan setelah Sumpah Pemuda, persisnya 27 Desember 1928. Kita berterimakasih kepada Aslafuna Sholihun (orang-orang sholeh-red) yang telah menginisiasi berdirinya organisasi ini, banyak kontribusi yang telah mereka torehkan untuk nusantara tercinta ini, kini tinggal kita yang saat ini terpilih sebagai pengurus yang meneruskan cita-cita mulia para habaib  orang-orangtua kita pendiri organisasi ini," ujarnya.

Rapat Kerja Cabang Rabithah Alawiyah Jambi yang mengusung tema "Optimalisasi Peran Organisasi Rabithah Alawiyah Jambi bagi Kemaslahatan Ummat itu, berisi sidang-sidang komisi yang dipimpin oleh Dr. Syech Husein Aljufri didampingi Sekretaris Rabithah Alawiyah Jambi Drs. Ahmad Zen Al-Habsyi, MA serta dari unsur kepemudaan Ahmad Syukri Baraqbah, MH.I.(ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...