Warga Minta Jaminan Keselamatan dari Pertamina

Pipa Pertamina Bocor, Semburan Capai Ketinggian 5 Meter

Selasa, 23 November 2021 | 08:02:31 WIB

PERBAIKAN: Petugas Pertamina tengah melakukan perbaikan terhadap pipa yang bocor sampai menimbulkan ledakan sampai sempat membuat warga sekitar khawatir.
PERBAIKAN: Petugas Pertamina tengah melakukan perbaikan terhadap pipa yang bocor sampai menimbulkan ledakan sampai sempat membuat warga sekitar khawatir. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Warga RT 1 Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi dikagetkan suara ledakan pada Senin pagi (22/11) sekira pukul 08.30 WIB kemarin. Suara ledakan terjadi karena pecahnya pipa pertamina di depan rumah warga RT 1 Kenali Asam Bawah.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, Tika, ia mendengar suara ledakan tersebut saat tengah berada di belakang rumahnya.

“Kami kaget, kirain ada kecelakaan depan rumah, ternyata semburan keluar dari pipa pertamina. Baunya menyengat, seperti bau minyak dan gas,” kata Tika.

Tika mengaku, kejadian serupa juga pernah terjadi sekitar dua tahun yang lalu. “Pipa sudah berkarat dan mudah pecah,” katanya.

Ia sangat berharap seluruh pipa yang ada di pemukiman tersebut dilakukan pengecekan dan perawatan oleh pihak berwenang. Sebab, sangat membahayakan. "Kalau ada api tentu bisa meledak atau terbakar," katanya.

Warga lainnya, Wahid mengaku, dirinya juga kaget mendengar suara ledakan tersebut. Ketika itu ia tengah beraktifitas di dalam rumah.

“Saat keluar terlihat ada semburan keluar dari pipa Pertamina. Tidak tahu air atau minyak, yang jelas semburannya tinggi. Mungkin 5 meteran lebih tinggginya,” jelas Wahid.

Kata Wahid, semburan yang keluar dari pipa tersebut mengalir dan menggenang di pekarangan rumahnya.

“Di sini kan (rumahnya) agak rendah, jadi mengalirnya ke sini,” kata Wahid, sembari menunjukan kondisi di depan rumahnya.

Lurah Kenali Asam Bawah, Ronal, yang saat itu berada di lokasi enggan memberikan komentar kepada para awak media. Saat diminta penjelasan Lurah tersebut mengelak.

“Tidak usah saya. Saya orang sini, yang jelas kalau kejadian seperti ini sudah biasa di sini,” singkatnya.

Pantauan di lapangan kemarin siang (22/11), sejumlah petugas dengan pakaian safety terlihar tengah melakukan perbaikan pada pipa yang pecah tersebut.(ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...