Masih Pandemi, Pemkot Bakal Uji Coba Aplikasi E-MTQ

Selasa, 23 November 2021 | 08:03:45 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Akselerasi pemerintahan sudah bergeser dari cara yang konvensional menuju ke sistem berbasis teknologi. Salah satunya adalah dengan hadirnya sistem  MTQ berbasis elektronik. Rencananya aplikasi itu akan digunakan pada perhelatan MTQ ke-51 Tingkat Kota Jambi, pada 24 November mendatang.

Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan berbagai solusi, kreasi dan inovasi cerdas pun lahir untuk menyemarakkan perhelatan MTQ.

"Transformasi digital adalah salah satu cara Pemerintah Kota Jambi menjawab tantangan pelaksanaan MTQ di masa pandemi Covid-19 ini agar tetap terlaksana," katanya Senin (22/11). 

Dia menambahkan, administrasi dan penjurian dengan sistem aplikasi digital satu-satunya di Provinsi Jambi yang di inisiasi oleh Walikota Jambi H. Syarif Fasha melalui Bagian Kesra Setda Kota Jambi yang kemudian dibidani oleh programer handal Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi mampu menjawab kebutuhan perhelatan MTQ di masa pandemi ini.

Aplikasi yang diberi nama e-MTQ atau elektronik Musabaqah Tilawatil Quran Kota Jambi adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola kegiatan MTQ di Kota Jambi. Melalui aplikasi ini kegiatan administrasi MTQ akan lebih praktis dan efisien. Mulai dari pendaftaran, daftar ulang, cetak kartu peserta, penjurian hingga pengumuman juara. Dengan sistem digital ini, maka peserta tidak perlu lagi menyerahkan berkas administrasi saat proses pendaftarannya.

Kata dia, semua berkas dapat diunduh di sistem e-MTQ. Dan yang paling menarik dengan sistem digital ini adalah penjurian akan berlangsung secara terbuka, cepat, akurat dan langsung diketahui, sehingga mengurangi kecurangan maupun kesalahan data. 

"Pada perhelatan MTQ tingkat Kota Jambi ke 51 tahun ini, e-MTQ Kota Jambi mulai di uji coba gunakan," pungkasnya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...