Risnita Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

Rabu, 24 November 2021 | 06:32:24 WIB

()

JAMBIONE.COM, JAMBI-UIN Jambi mengukuhkan Prof Dr Risnita MPd sebagai guru besar ke 16 pada Sidang Senat Terbuka yang digelar di Aula Rektorat Kampus II UIN Jambi, Selasa (23/11/2021).

Pengukuhan Guru Besar yang diawali dengan pembacaan riwayat hidup oleh Dr Fadhlillah MPd Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berlangsung haru saat Prof Risnita menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang- orang yang telah berjasa dalam membantu memperoleh gelar jabatan fungsional tertinggi bagi seorang dosen.

Pada orasinya Prof Risnita menyampaikan, pendidikan bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan akan tetapi juga untuk mendapatkan keahlian. Sedangkan evaluasi adalah salah satu cara memperbaiki proses pendidikan yang efektif. Melalui kegiatan evaluasi, akan mengetahui apakah kegiatan yang dilakukan berhasil, efektif atau tidak, termasuk dalam pembelajaran di lembaga pendidikan.

Dalam kajian evaluasi, visi misi UIN Jambi yaitu lokomotif perubahan sosial, unggul nasional menuju internasional, semangat moderasi dan entrepreneurship Islam memiliki indikator-indikator yang terukur. Indikator tersebut diukur setiap tahun agar diketahui progres pencapaian keberhasilannya melalui ranking yang telah diraih UIN Jambi. Diantaranya ranking UI Greenmetric 485 tingkat internasional, ranking 40 tingkat nasional dan ranking dan ranking 3 di lingkungan PTKIN.

Sebagai dosen, ia memotivasi para dosen lainnya karena semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk meraih gelar guru besar. Dengan  segala tantangan masing-masing semangat, kerja keras, istiqomah dan tawakal merupakan modal untuk menggapai hal tersebut.

Untuk memperoleh gelar profesor bukanlah hal yang mudah, kata Rektor Prof Dr H Su’aidi MA PhD. Saat ini UIN STS Jambi baru memiliki 16 guru besar dua diantaranya telah memasuki pensiun namun telah diproses NIDK-nya sehingga tetap dapat berkontribusi bagi UIN Jambi.

Saat ini UIN Jambi, sedang melakukan banyak hal untuk mengembangkan lembaga ini salah satunya akselerasi percepatan guru besar dan penambahan jumlah dosen seperti yang telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dosen yang ada.

Sampai awal tahun 2000, Indonesia masih menganut dikotomi pendidikan yaitu pendidikan umum dan pendidikan agama. Oleh karena itu UIN Jambi saat ini mengembangkan paradigma transitegrasi ilmu yang bertujuan untuk menciptakan alumni ulama yang saintis, saintis yang ulama. Sehingga empat tahun ke depan memiliki alumni-alumni yang sesuai dengan kebutuhan yang paham dalam ilmu agama tetapi juga menguasai teknologi terkini.

Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan Prof Dr Risnita MPd dihadiri Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani MPdI, Ketua Senat Prof Dr Adrianus Chatib MA, Wakil Rektor, Anggota senat dan jajaran pimpinan di lingkungan UIN Sutha Jambi.(bin)






BERITA BERIKUTNYA
loading...