Tunggu Persetujuan Gubernur

UMK Kota Jambi Naik Rp43 Ribu

Rabu, 24 November 2021 | 06:39:09 WIB

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Komari .
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Komari . (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Pembahasan Upah Minimum Kota (UMK) Jambi 2022 sudah selesai. Bahkan, telah ditandatangani oleh dewan pengupahan. Hasil rapat tersebut akan diserahkan kepada Wali Kota Jambi. Selanjutnya, Wali Kota akan menyampaikan ke Gubernur Jambi untuk ditetapkan sebelum Januari mendatang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Komari mengatakan bahwa Rapat pembahasan UMK tersebut melibatkan sejumlah unsur dewan pengupahan. Yakni, pemerintah dan unsur pengusaha. Serta melibatkan serikat pekerja, serta akademisi.

“Alhamdulillah hari ini kita sementara sudah sepakat menetapkan UMK, namun masih menunggu persetujuan dari Gubernur,” ujarnya.

Dia mengatakan, besaran nilai UMK sesuai dengan rumusan tersebut bisa mengalami kenaikan, dan tidak dibenarkan turun dari angka tahun sebelumnya. Diharapkan pada akhir November ini sudah ada keputusan untuk nilai UMK Kota Jambi tahun 2022.

Informasi yang didapat kenaikan UMK berkisar Rp 43 ribu, namun Komari menyebutkan hal itu masih menunggu persetujuan dari Pemprov Jambi.

"Angka itu belum pasti, tentu harus disetujui oleh Gubernur," ujarnya.

Penetapan UMK Kota Jambi itu, sesuai dengan Undang-Undang 11 tahun 2020 tentang tenaga kerja, dan Peraturan Pemerintah nomor 36 tahun 2021. Di mana di dalamnya mengatur tentang mekanisme dan rumusan penetapan UMK masing-masing Kabupaten dan Kota. 

Sementara itu, meski telah ditetapkan jumlah UMK, masih ada perusahaan di Kota Jambi yang memilih menerapkan UMP ketimbang UMK. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan serikat pekerja.

"Kalau yang seperti ini bisa ke serikat pekerja," katanya.

Penentuan UMK tidak melalui besaran Kebutuhan Hidup Layak (KHL), melainkan mengacu data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dan juga perhitungannya dilihat dari tingkat inflasi yang tertinggi berdasarkan ekonomi pada saat ini. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...