Dua Tahun Irigasi Koto Majidin Mudik tak Diperbaiki

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:25:02 WIB

Irigasi desa Koto Majidin Mudik yang amruk dan patah
Irigasi desa Koto Majidin Mudik yang amruk dan patah (Saudi Arabia/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, KERINCI-Meski sudah hampir dua tahun saluran irigasi yang berada di desa Koto Majidin Mudik, kecamatan Air Hangat, Kerinci amruk dan patah diterjang banjir bandang. Namun, hingga saat tidak kunjung diperbaiki Pemerintah.

Padahal, irigasi tersebut merupakan kebutuhan masyarakat untuk mengaliri air dari Sungai Batang Merao ke Sawah warga.

Salah seorang petani mengatakan bahwa, sudah hampir dua tahun irigasi tersebut amruk dan patah, karena dihantam banjir bandang beberapa tahun silam.

"Irigasi ini sangat dibutuhkan oleh petani, karena belum diperbaiki ada puluhan hektar lahan petani kesulitan mendapatkan air dari Irigasi yang rusak itu,"ungkap Malik petani yang berada di Irigasi tersebut.

Dia mengatakan, dampak dari belum diperbaikinya irigasi tersebut. Sejumlah lahan persawahan yang di Irigasi rusak selalu terendam air. Sebab, airnya terputus di lokasi tersebut.

"Untuk mengaliri air ke sawah, petani terpaksa mamasang pipa secara swadaya dari petani, agar air bisa mengalir di sawah di seberang irigasi itu,"tambahnya.

Dirinya berharap kepada pihak pemerintah dan pihak terkait untuk dapat memperhatikan Irigasi yang sudah ambruk dan patah tersebut. "Kami sangat berharap segera diperbaiki karena kalau tidak diperbaiki adan puluhan hektar sawah yang selalu kekeringan,"pintanya.

Sementara Itu Dinas PUPR Kabupaten Kerinci belum berhasil dikonfirmasi terkait dengan aliran Irigasi yang berada di Koto Majidin Mudik yang sudah rusak tersebut.(sau)






BERITA BERIKUTNYA
loading...