Petani di Tebo Enggan Ikut Asuransi

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:17:29 WIB

(Zainur/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, TEBO-Tercatat baru dua kelompok padi di kabupaten Tebo, yang mengikuti Asuransi Tani, dari ratusan kelompok oetani padi yang ada di Kabupaten Tebo. Hal ini diungkapkan oleh, Dinas Tanaman Pangan Holtikurtura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo.

Dua kelompok tani padi tersebut diantaranya Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir dan Desa Teluk Singkawang Kecamatan Sumay. Dari kecamatan lain yang memiliki kelompok tani belum mengikuti asuransi ini Kata M Ziadi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikurtura dan Ketahanan Pagan mengatakan dari ratusan kelompok petani di Kabupaten Tebo cuma dua kelompok yang baru sadar untuk mengikuti asuransi tani.

Asurani tani ini, sebenarnya bisa membantu petani jika terjadi gagal panen. Namun butuh kesadaran dari petani. Kesadaran ini lah yang sebenarnya diharapkan pemerintah agar ada perlindungan untuk petani.

Dengan mengikuti asuransi petani harus membayar polis asuransinya. Per 1 hektare lahan, petani diwajibkan membayar Rp 36 ribu disitu pemerintah subsidi.

"Subsidi pemerintah diangka Rp 180 ribu." Kata Ziadi Kamis (13/1/2022) Dikatakannya beberapa waktu yang lalu sudah pernah klaim asuransi di Kelurahan Sungai Bengkal Tebo Ilir, pada saat itu petani sawahnya kena banjir dan asuransi tersebut langsung masuk ke Rekening Petani.

"Itu dihitung perhektare 6 juta dan dikirim langsung oleh PT Jasindo. Kalau 2 Hektare dikalikan saja,"ungkapnya.

Dengan adanya asuransi ini sebenarnya menolong petani padi, jika terjadi kegagalan panen akibat kejadian alam seperti banjir dan lainnya.(uri)






BERITA BERIKUTNYA
loading...