53 Tahun Menikah, Pasutri Asal Bungo Baru Punya Buku Nikah

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:17:38 WIB

(Fitriyadi/Jambione.com)

MUARA BUNGO,- Impian lama Patimah dan Almarhum M Toha untuk mendapatkan buku nikah akhirnya terwujud, pasangan suami istri asal dusun sungai arang kecamatan Bungo Dani kabupaten Bungo, sah nikah melalui sidang isbath di Pengadilan Agama Muara Bungo, Kamis (13/01) kemarin.

Patimah (72) mengaku belum mendapat buku nikah di tahun 1968 di karena belum mempunyai aturan negara, pada jaman dahulu belum ada Kantor Urusan Agama (KUA) dan pada tahun 1975 baru meneta tetap kan  undangan-undangan pernikahan," kata Patimah.

" Pernikahan pada zaman dulu atau tahun 1968 hanya sebatas imam masjid dan memiliki kertas selembar yang di hadiri saksi pernikahan,"ucap Patimah.

Dalam keputusan Pengadilan Agama Muara Bungo, salinan penetapan perkara nomor 493/Pdt.G/2021/PA.Mab menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon dan menetapkan sah perkawinan antara Patimah binti Muhammad Dia dan almarhum M Toha yang dilaksanakannya pada tanggal 1 Desember 1968 di dusun Sungai Arang.

Kuasa hukum Hendry C Saragi., S.H menambahkan dengan dikabulkan permohonan pengesahan pernikahan di pengadilan negeri Agama Muara Bungo, maka perkawinan Ibu patimah dengan M Toha dan anak semata wayangnya yang bernama Is'muati mempunyai akibat hukum secara hukum nasional baik hukum perdata maupun hukum waris ke keluarga,"ungkap Hendri.(yad)






BERITA BERIKUTNYA
loading...