DPR Desak Polri Usut Illegal Mining Batu Bara

Senin, 17 Januari 2022 | 09:33:27 WIB

()



Jambione.com – Penambangan batu bara di Kalimantan Timur (Kaltim) disinyalir disusupi dengan praktik ilegal alias illegal mining. Atas dugaan itu Komisi VII DPR mendesak Polri untuk mengusut tuntas.

Anggota Komisi VII DPR Yulian Gunhar mencium ada bisnis tambang batu bara dilakukan secara ilegal di Kaltim. Praktik itu dilakukan oleh seorang oknum pengusaha.

“Sosok itu disebut-sebut sebagai ratu batu bara. Jika disinyalir melakukan praktik penambangan dan penjualan ilegal, maka tidak ada alasan bagi Kapolri untuk membiarkannya,” kata Yulian Gunhar kepada JawaPos.com, Minggu (16/1).

Menurut politikus PDIP itu, pemerintah (Kementerian ESDM) tidak boleh lengah mengawasi praktik penambangan dan penjualan batu bara secara ilegal di sektor batu bara. Apalagi kalah dengan sosok yang diduga kerap mengambil dan mengekspor hasil tambang ke luar negeri secara ilegal.

“Praktik yang dilakukanya ini merugikan keuangan negara dalam jumlah yang besar,” tegasnya lagi.

Dia menyebut bahwa keberadaan oknum mafia batu bara itu adalah sebuah ironi. Pasalnya, ketika Indonesia sempat mengalami ancaman krisis pasokan batu bara yang terjadi di PT PLN (Persero).

Gunhar menegaskan, setiap orang tidak dilarang menjalankan bisnis tambang, asalkan dilakukan secara resmi alias sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah. Untuk memastikan kiprah sosok itu, dia mendorong Polri menelusuri. Panja Ilegal mining komisi VII DPR pun memanggil sosok itu.

“Panja ilegal mining Komisi VII segera memanggil sosok ini untuk didengar keterangannya,” pungkas legilator asal dapil Sumsel II.(jpg)



sumber:jawapos.com






BERITA BERIKUTNYA
loading...