HPN 2022 di Kendari

Kabid Infokom Pemprov Jambi Hadir pada Konvensi Media Massa

Selasa, 08 Februari 2022 | 09:18:24 WIB

()

Jambione, KENDARI-  Sabrianto, Kabid Infokom Pemda Provinsi Jambi menjadi salah satu peserta dalam konvensi media yang bertemakan “Membangun model media massa yang berkelanjutan “.

Sabrianto mewakili Pempro Jambi itu mengikuti dengan seksama yang disampaikan pembicara yang antara lain Mahfud MD, Menkopolkam . konvensi digelar dari pukul 09.00 hingga 17.00 WITA yang terbagi dalam beberapa sesi dengan topik berbeda.

Selain Sabrianto tentunya para peserta dari Jambi lainnya.

Tiga topik yang dibahas pada hari ini adalah “Membangun Kemandirian Relatif Media terhadap Platform Digital”, “Menyembimbangkan Orientasi Bisnis dan Jurnalistik, Pengalaman Berdikari Media Nasional Menghadapi Orientasi Digital.

Mahfud menjelaskan pemerintah saat ini telah memikirkan kelangsungan di Indonesia dan nanti akan dibuat regulasi atau UU, seperti soal pajak, harga kertas dan iklan pemerintah.

Sementara Agus dari kompas menjelaskan, lebih dari 90 persen usser media digital berasal dari plaform global. Akibatnya kedekatan dengan pengiklan berkurang.

Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, mendorong pemerintah segera menerbitkan Publisher Right. Regulasi tersebut diperlukan untuk mengatur hubungan media massa, publisher, dengan platform digital.

Nuh menjelaskan dewan pers dan konsituen tidak punya hak untuk mengajukan rancangan undang-undang.

Publisher Right itu dapat dijadikan payung untuk melindungi hak dan kewajiban pekerjaan seorang jurnalis terkait dengan plaform-platform digital.

Dia menjelaskan lebih lanjut, Publisher Right dapat berupa Undang-undang atau paling tidak Peraturan Pemerintah.(*)






BERITA BERIKUTNYA
loading...