Safari Ramadan 1443 H, ala Bupati Batanghari M Fadhil Arief

Datang Tanpa Rombongan, Diskusi dan Berbagi Alat Salat dan Alquran

Selasa, 19 April 2022 | 09:20:59 WIB

(Jumeidi Khairul/Jambione.com)

Azan Isya, Minggu (17/4) malam baru saja selesai berkumandang di masjid Nurul Islam, di Pal V, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Rengas Condong, Muara Bulian. Tiba-tiba seorang pria dengan perawakan tinggi memasuki masjid dan langsung melakukan salat Sunnah Kobliyah Isya. Ternyata dia adalah Bupati Batanghari M Fadhil Arief. Berikut laporan Jumeidi Khairul, General Manager (GM) Jambi One yang malam itu juga berada di masjid itu.


Di dampingi Kadis Kominfo Batanghari Amir Hamzah, Bupati Batanghari M Fadhil Arief membaur dengan jamaah Tarawih di Masjid Nurul Islam di depan Gedung DPRD Batanghari. Kedatangannya yang tanpa pemberitahuan itu cukup mengagetkan warga yang baru mau memulai salat Isya. “Itu bupati Fadhil dak,” tanya beberapa warga. Menyadari itu, beberapa warga mendatangi Fadhil dan bersalaman. 

Seperti biasa, usai Salat Isya, petugas masjid yang malam itu dibawakan oleh Baharudin membacakan nama-nama petugas tarawih. Tak lupa mempersilakan kepada orang nomor satu di Batanghari itu untuk menyampaikan sambutan. Namun, Fadhil menolaknya. “Tidak, saya hanya salat saja pak,” ujarnya pelan.

Begitulah, tanpa ada sambutan dari Fadhil, salat tarawih dengan imam Arahman pun dimulai. Sepanjang Salat 20 rakaat tarawih dan tiga rakaat witir itu, Fadhil tampak khusuk.

Usai tarawih, Fadhil duduk menghadap ke arah warga. “Silahkan kalau ada yang mau disampaikan kepada saya,” ujar Fadhil.

Permintaan itu tak butuh waktu lama mendapat sambutan baik dari warga. Satu persatu warga menyampaikan keluhan dan permintaannya. Termasuk jalan-jalan yang mulai rusak setelah dilalui mobil truk batubara. Bahkan, jalan Bulian-Bajubang-Panerokan yang sejatinya jalan provinsi itu juga disampaikan ke bupati. “Itu jalan provinsi, tapi tahun ini akan ada perbaikan,” katanya.

Kepada Jambi One, Fadhil juga menyebutkan jalan lorong SMPN 21, Muarabulian samping LP Bulian juga akan diperbaiki tahun ini. “Jalan itu segera dibangun. Kita akan lebarkan minta tanah lapas, dan pagar lapas kita akan bangun kembali. Semoga saja tidak ada kendala lagi,” terangnya.

Seorang warga juga mendekat ke bupati dan sedikit berbisik dan menyampaikan permintaannya. “Oh ya saya lupa yang itu,” ujarnya sambil memerintahkan ajudannya untuk mencatat.

Menurut Fadhil, dia sengaja mengunjungi masjid-masjid selama Ramadan melakukan salat tarawih tanpa pemberitahuan dan mengajak rombongan para kadis. “Kalau mengajak rombongan dan pemberitahuan, saya khawatir merepotkan warga dan pengurus masjid,” katanya.

Ditambahkannya, lebih baik datang bersama istri Zulva Fadhil. “Saya juga ajak istri,” ujarnya.  Zulva juga malam itu membaur bersama warga melakukan salat tarawih. Usai mendengarkan curhatan warga, Fadhil tak lupa membagikan alat salat seperti sarung dan mukena. “Itu ada juga Alquran yang semoga saja bermanfaat,” tambahnya.

Sekitar satu jam bersama warga, Fadhil pamit pulang. Ketika ditanya masjid mana lagi yang akan dikunjungi dimalam berikutnya. “Belum tahu, tidak ada yang tahu kecuali saya,” katanya sambil tertawa. (rul/adv)






BERITA BERIKUTNYA
loading...