PT Tamarona Mas Internasional Gugat Anak Perusahaan PT Antam Rp1,29 Triliun

Jumat, 06 Mei 2022 | 14:45:00 WIB

()

Jambione.com, JAMBI- PT Tamarona Mas International (TMI) menggugat  transaksi jual beli saham dari PT Citra Tobindo Sukses Perkasa (PT CTSP) oleh PT Indonesia Coal Resources (ICR), anak perusahaan PT Aneka Tambang Tbk (Antam). 

Gugatan  perdata itu disampaikan PT TMI ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan perkara nomor 378/Pdt.G/2022/PN JKT.SEL. PT TMI meminta majelis hakim menghukum PT ICR sebagai tergugat 1, membayar ganti rugi senilai total Rp 1,29 triliun.

Perkara nomor 378/Pdt.G/2022/PN JKT.SEL didaftarkan 26 April 2022 PT TMI sebagai penggugat tunggal. Sedangkan pihak tergugat terdiri dari Indonesia Coal Resources (tergugat 1), Muhammad Toba (tergugat 2) dan PT CTSP (tergugat 3).

Kuasa hukum PT TMI, Daulay Aguslan saat dikonfirmasi via ponsel membenarkan gugatan tersebut. " Kami mengajukan gugatan kepada PT ICR anak Perusahaan PT Antam terkait jual beli saham PT CTSP pada 2010. Yang kami gugat itu PT ICR, kedua Muhammad Toba yang dulu pemegang saham di PT CTSP, PT CTSP itu sendiri," katanya, Jumat (6/5/2022). 

Selain itu, dalam gugatan tersebut ada dua perusahaan  turut tergugat. Yakni PT Riau Gemilang Surya Reteh sebagai rekanan PT TMI dalam penambangan batubara (turut tergugat 1, PT International Mineral Capital (turut tergugat 2), Suparman Hasyim seorang notaris di Jakarta sebagai turut tergugat 3, serta PT Antam Tbk sebagai turut tergugat 4.

"Kami menilai ada itikad buruk oleh PT ICR sebagai anak perusahaan PT Antam dalam proses pembelian saham dari dari PT CTSP sehingga salah satu komisaris di PT TMI saat ini menjadi terdakwa yang dalam prosesnya sekarang masih berjalan di pengadilan Tipikor Jakarta Pusat," ungkapnya. 

"Kami mau membatalkan jual beli saham antara PT TMI, Muhammad Toba (PT CTSP) ke PT ICR. Karena ada dugaan itikad buruk dari pembeli, yakni tergugat 1 PT ICR itu," pungkasnya. (Ist/01)






BERITA BERIKUTNYA
loading...