Warga Sakean Minta Akiang Ditangkap

Kamis, 12 Mei 2022 | 08:36:27 WIB

()

JAMBIONE.COM, SENGETI- Ratusan warga Desa Sakean dan ahli waris Kemas Ngeby Wiratana melakukan aksi demontrasi ke kantor Bupati Muaro Jambi, Rabu (11/5) kemarin. Mereka menuntut pihak kejaksaan mengugurkan tuntutan PT Era Sakti Wiraforestama (EWF) yang telah menduduki tanah waris mereka seluas 2.257 hektar.

Mereka menyebutkan, lahan seluas 5.200 hektar itu merupakan hak waris Kemas Ngeby Wiratana atas keputusan surat piagam 1891. Lokasinya di Desa Sekumbung, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi.

Istazi, koordinator badan bantuan hukum SPI Jambi, meminta Pengadilan Negeri Sengeti menggugurkan gugatan PT EWF yang menggelar sidang gugatan tersebut, Rabu kemarin. Kemudian juga penetapan penangkapan Wiyanto atas pemalsuan dokumen objek perkara perdata.

"Kami juga meminta aparat menangkap Akiang, pemilik PT EWF, yang menurut sangkaan warga merupakan mafia tanah," katanya. Berdasarkan perkara perdata nomor 1/pdt G / 2022 / PN. Snt.untuk menetapkan penangkapan akiang pemilik PT EWF Mafia tanah.

Terpisah, Sekda Muarojambi, Budi Hartono bejanji akan menyelesaikan sengketa tanah antara warga dengan PT EWF. "Kami segera membentuk tim untuk menyelesaikan persoalan ini. Saya juga minta warga bersabar,” katanya.

Sementara itu warga siap menunggu timk terpadu ventukan Pemkab Muarojambi. ‘’ Kita akan menunggu tindak lanjut dari pemerintah. Kita siap bekerja sama dengan tim terpadu yang akan dibentuk,’’ kata salah seorang warga. (jun)






BERITA BERIKUTNYA
loading...