Efektifitas Charge Battery dengan Dijemur ?

Kamis, 12 Mei 2022 | 11:03:36 WIB

(Istimewa)

Jambione, Jakarta - Pernahkah Anda merasa kesal saat sedang asik menonton televisi tiba-tiba remote televisi tidak bisa berfungsi karena kehabisan baterai? Jika menghadapi kondisi semacam itu, langkah apa yang Anda lakukan setelahnya?

Sebelum akhirnya membuang baterai lama dan menggantinya dengan baterai baru, kebanyakan orang akan menjemur baterai di bawah terik matahari. Setelah dijemur, baterai itu akan digunakan kembali sebelum akhirnya benar-benar tidak berfungsi sama sekali. Tetapi, apa yang terjadi pada baterai tersebut? Apakah baterai kosong memang akan terisi kembali jika habis dijemur?

 

Jenis baterai yang dimaksud adalah baterai alkalin seperti baterai AA atau AAA. Melansir dari batteryguy.com baterai alkalin umum digunakan pada tahun 1960-an. Baterai yang diproduksi dalam jumlah miliaran setiap tahun ini merupakan baterai rumah tangga paling populer di dunia. Baterai alkalin tidak bisa diisi ulang, artinya setelah habis maka akan dibuang.

 

Lalu, mengapa saat usai dijemur baterai yang awalnya tidak berfungsi menjadi berfungsi kembali?

 

Melansir kanal cen.acs.org, baterai merupakan alat yang mampu mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Elektron yang terkandung dalam baterai membantu proses transfer energi di dalam baterai itu sendiri. Baterai memiliki dua sudut, yaitu positif dan negatif pada ujungnya.

Jika baterai disimpan di ruangan yang bersuhu ekstrim, seperti terlalu dingin atau sangat panas maka baterai tidak bisa berfungsi dengan baik. Namun, adanya peningkatan suhu di lingkungan baterai berada, akan membuat electron baterai terstimulasi. Jika sudah terstimulasi, transfer energi bisa terjadi.

Mengutip rexchimex.com, sehingga, jika baterai dijemur maka suhu baterai akan sedikit meningkat dan seolah-olah baterai terisi ulang dan berfungsi kembali. Untuk meningkatkan suhunya, baterai hanya perlu dijemur sebentar. Hal itu karena jika dijemur terlalu lama maka justru menimbulkan kerusakan pada fisik baterai hingga mati total.

Baterai yang sudah lama dipakai dan memang habis, sebaiknya dibuang dan ganti dengan yang baru. Baterai tidak bisa dijemur terus menerus hanya untuk mempertahakan fungsinya yang sementara.(***)

Sumber: Tempo





BERITA BERIKUTNYA
loading...