Fasha Minta Evaluasi Pelayanan Sebelum Launching

MPP Masih Masa Uji Coba Operasi

Rabu, 18 Mei 2022 | 07:13:31 WIB

MAL PELAYANAN PUBLIK: Wali Kota Jambi, Sy Fasha, meninjau mal pelayanan publik yang baru soft launching kemarin.
MAL PELAYANAN PUBLIK: Wali Kota Jambi, Sy Fasha, meninjau mal pelayanan publik yang baru soft launching kemarin. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi sudah memasuki masa uji coba beroperasi. Ada sebanyak 30 instansi baik pemerintah Kota Jambi maupun instansi vertical lainnya yang membuka gerai di gedung tiga lantai tersebut. Total, ada 116 layanan perizinan dan administrasi yang  bisa diakses oleh masyarakat . Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat Soft Launching MPP, usai menggelar upacara peringatan Hari Jadi Tanah  Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ke 621, Selasa (17/5).

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama Pemerintah Kota Jambi dengan penyelenggara Pelayanan terpadu.

Fasha mengatakan, MPP yang dibangun dengan menggunakan dana APBD Kota Jambi itu, bertaraf nasional. Dilengkapi dengan Coffe Shop, arena bermain anak, ruang ibu menyusui, pojok baca, dan ramah terhadap disabilitas.

“Saya tekankan tadi, MPP ini harus dibuat senyaman mungkin, tidak boleh ada perbedaan pelayanan. Harus terbuka dan transparan,’’ kata Fasha.

Beberapa pelayanan perizinan dan administrasi yang sudah mulai berjalan antara lain adalah pembayaran Pajak, pengurusan SIM, urusan ke Imigrasian, Dokumen Kependudukan dan Catatan Sipil, dan lainnya. “Harapan saya, MPP ini semakin diminati dan menjadi solusi dimasyarakat dalam mengurus perizinan dan layanan administrasi pemerintahan.  Konsep dari MPP ini adalah memudahkan pelayanan, jangan sampai ada kesan masyarakat, begitu masuk ke sini justru lebih gampang mengurus izin ditempat yang lama. Karena ini sudah terkoneksi satu sama lain. Ada perbankan juga sehingga lebih cepat,” katanya.

Kata dia, selama proses masa uji coba beroperasi ini, pihaknya meminta kepada seluruh intansi pemerintah dan vertical untuk mengevaluasi segala bentuk gangguan dan kendala selama proses pelayanan berlangsung. “Kekurangan ini akan kita benahi minggu depan, sebelum dilakukan Grand Launching oleh Menpan RB nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi merincikan, ada Sembilan instansi pemerintah Kota Jambi yang membuka gerai di MPP, dan 21 intansi vertical. Dia juga mengatakan bahwa MPP ini sudah ramah terhadap disabilitas. “Kita sediakan tempat khusus disabilitas, ada ruang tunggu khusus, nanti akan dibantu petugas untuk proses pelayanannya,” katanya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...