Kadis Sosial Dukcapil Prov Jambi, Arief Munandar Apresiasi Kinerja Kepala UPTD Aziz Mustakim

PSTW Budi Luhur Jambi Melaunching Penggunaan Shelter House

Rabu, 18 Mei 2022 | 07:22:31 WIB

Kepala Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi, diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, M. Dalmanto didampingi Kepala UPTD PSTW Budi Luhur Jambi, Abdul Aziz beserta staf saat melaunching Shelter House di PSTW Budi Luhur Jambi.
Kepala Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi, diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, M. Dalmanto didampingi Kepala UPTD PSTW Budi Luhur Jambi, Abdul Aziz beserta staf saat melaunching Shelter House di PSTW Budi Luhur Jambi. (Andrey/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi yakni, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Luhur Jambi, Selasa, 17 Mei kemarin berhasil melaunching penggunaan shelter house.

Hal ini dilakukan berdasarkan  Peraturan Gubernur Jambi nomor 14 tahun 2018 bertujuan melaksanakan Pelayanan, pembinaan dan rehabilitasi sosial bagi para lansia terlantar di Provinsi Jambi.

Bentuk pelayanan yang diberikan yakni pelayanan psikososial (rasa aman), pelayanan fisik berupa kebugaran, pelayanan spritual berupa bimbingan keagamaan, pelayanan keterampilan, pelayanan kesehatan dan pemulasaran dan pemakaman jenazah serta pelayanan sosial.

Kepala UPTD PSTW Budi Luhur Jabi, Abdul Aziz mengatakan bahwa penyediaan shelter house ini selain sebagai rumah sementara bagi Lansia, shelter house juga digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit menular, berfungsi sebagai rumah sementara bagi calon penerima manfaat atau lansia terlantar sebelum ditempatkan atau digabungkan di wisma lansia lainnya.

"Berfungsi sebagai rumah singgah bagi lansia terlantar sebelum dikembalikan kepada keluarganya. Dalam memberikan pelayanan di shelter house sudah di siapkan petugas yang akan melayani klien sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan," ujar Aziz

Selain itu, Aziz juga mengungkapkan saat ini, penerima manfaat yang menerima pelayanan di PSTW Budi Luhur Jambi, berjumlah 54 orang yang terdiri dari 31 orang lansia laki-laki dan 23 lansia perempuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Dukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar, sangat mengapresiasi dan menyambut positif upaya yang dilakukan kepala PSTW Budi Luhur yakni Abdul Aziz Mustakim yang telah berinisiatif menyediakan shelter house bagi lansia di dalam panti.

Menurutnya hal ini sudah sewajarnya dilakukan, harus dikembangkan dan dipertahankan.
"Shelter house ini sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran penyakit yg sifat menular kepada lansia lainnya. Kedepannya shelter house ini secara bertahap perlu dilakukan perbaikan secara bertahap baik infrastrukturnya maupun pelayanannya," kata Arief melalui video yang dikirim kepada Jambi One.

Selain itu, Arif juga menyatakan hal ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan rehabilitasi sosial bagi lansia di PSTW Budi Luhur Jambi.

Untuk diketahui launching Shelter House dilakukan  Kepala Dinas Sosial, Dukcapil Provinsi Jambi yang diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, M. Dalmanto. (rey)






BERITA BERIKUTNYA
loading...