Bupati Kukuhkan 20 Pengurus FK-PAI Non PNS

Rabu, 18 Mei 2022 | 07:23:10 WIB

Bupati Batanghari, M Fadhil Arief berfoto bersama dengan pengurus FK-PAI Non PNS.
Bupati Batanghari, M Fadhil Arief berfoto bersama dengan pengurus FK-PAI Non PNS. (Bambang/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, MUARABULIAN - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, lakukan pengukuhan terhadap 20 orang pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FK-PAI) Non Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengukuhan dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam menciptakan daerah yang agamis.

Pengukuhan tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batanghari Al Jufri, Para Asisten, Kepala Kantor urusan Agama Se-Kabupaten Batanghari, Pengawas Da’i, Para Penyuluh Agama Islam Non PNS, dan tamu undangan lainnya.

Fadhil Arief sebagai Bupati sangat mengapresiasi atas terbentuk dan dikukuhkannya FK-PAI ini, sehingga diharapkan forum komunikasi ini dapat menjadi wadah sekaligus sarana bagi penyuluh PAI Non PNS untuk dapat meningkatkan kinerjanya dan memberikan kontribusi yang lebih baik, dalam rangka memberikan pembinaan mengenai ajaran islam kepada masyarakat batanghari sehingga dapat berprilaku yang islami dengan akhlak yang baik.

"Dengan adanya pengukuhan ini, diharapkan para pengurus dapat meningkatkan budaya baca tulis Al-Qur’an, kebijakan ini dilakukan dengan merekrut guru ngaji disekolah-sekolah dasar sebagai tambahan dalam rangka pengentasan buta aksara Al-Qur’an, bahkan hal ini juga harus dilakukan terhadap masyarakat yang telah berusia lanjut agar mengenal kembali agama islam," katanya.

Ditekan Fadhil lagi bahwa, pengurus juga harus dapat mengoptimalisasi peran dan fungsi ulama dalam masyarakat, optimalisasi pemberdayaan pondok pesantren dan lembaga keagamaan, pemenuhan sarana dan prasarana ibadah, pembangunan pusat dakwah islam atau islamic center, penyediaan bea siswa untuk Hafiz/Hafizoh, Mufasir/Mufasiroh dan Qori/Qori’ah.

"Fk-PAI ini juga harus dapat memfasilitasi pemecahan masalah pembangunan melalui Jum’at berkah, dan meningkatkan komunikasi antar umat beragama," jelasnya.  

Selanjutnya strategi dan arah kebijakan diatas dibreakdown menjadi program-program dan kegiatan-kegiatan nyata pada OPD-OPD.  Selain itu, pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batanghari agar dapat benar-benar memberikan dampak kepada masyarakat.

 Dengan demikian, Bupati Fadhil  berharap agar semua unsur masyarakat Kabupaten Batanghari agar bersama-sama saling bersinergi melaksanakan dan mengawal program-program yang akan dilaksanakan sehingga Batanghari Tangguh  dapat benar-benar terwujud. (bam)






BERITA BERIKUTNYA
loading...