Pedagang Malioboro Keberatan Bayar Retribusi

Dewan Akan Carikan Solusi

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:27:42 WIB

TINJAU PASAR: Anggota Komisi II DPRD Kota Jambi meninjau kawasan Pasar dan menyerap aspirasi pedagang di kawasan Malioboro yang keberatan membayar retribusi.
TINJAU PASAR: Anggota Komisi II DPRD Kota Jambi meninjau kawasan Pasar dan menyerap aspirasi pedagang di kawasan Malioboro yang keberatan membayar retribusi. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Menyikapi adanya keluhan dari pedagang yang berada di Pasar Malioboro dan Pasar Gang Siku, Kecamatan Pasar, anggota Komisi II DPRD Kota Jambi meninjau langsung kondisi pasar tersebut dan menemui sejumlah pedagang.

Keluhan pedagang ini berkaitan dengan, rasa keberatan mereka untuk membayar retribusi ke pemerintah daerah, yang telah diatur dalam Perda Kota Jambi.

Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Junaidi Singarimbun mengatakan, dari tinjauannya itu nanti, pihaknya akan mengumpulkan berbagai formula solusi baik bagi para pedagang maupun pemerintah sendiri.

“Namun sejauh ini, pasar di Kota Jambi sudah tertata dengan baik,” kata dia, Kamis (19/5).

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi, Yon Heri mengatakan, pihaknya dapat memaklumi keberatan para pedagang terkait retribusi yang dibayarkan.

Lagi-lagi disebutkannya, rasa keberatan tersebut juga pengaruh dari masa pandemi Covid-19, yang sudah berlansung 2 tahun belakangan ini.

“Nilai tarif ini sudah kita tetapkan pada Perda dan kita sudah menerapkanya. Mereka merasa keberatan, lantaran pengaruh Covid-19,” sebut Yon Heri.

Lanjutnya, terkait adanya tunggakan pembayaran retribusi oleh pedagang, tentu tetap akan dibina pihaknya. Mulai dari pemberitahuan hingga penagihan.

“Namun esensinya bukan dibawa ke ranah hukum. Melainkan dengan adanya retribusi ini, adalah niat pemerintah untuk memberikan pelayanan maupun peningkatan sarana di kawasan Pasar itu sendiri,” singkatnya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...