Target 30 Persen Sampah Diolah di Tingkat Sumber pada 2025

Maulana Harap Sampah Banyak Diolah di Tingkat Sumber

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:31:34 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 lalu, Kota Jambi berhasil menerima penghargaan dan mendapat dana insentif daerah (DID) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha dari Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Penghargaan itu diserahkan secara virtual.  

Kota Jambi kembali mendapat penghargaan dari kementerian lingkungan hidup, karena Kota Jambi gencar sekali dalam meminimalisir pengurangan sampah, mulai dari tingkat sumber hingga ke tempat pembuangan.

"Saat ini hampir 15 persen sampah yang diolah ditingkat sumber, baik itu dari bank sampah maupun (pengelola) lainnya. Mudah-mudahan target 2025 nanti 30 persen yang bisa diolah ditempatnya," kata Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, kemarin.

Maulana mengatakan, untuk mengejar target tersebut, kini sebagian tanggung jawab pengelolaan sampah dialihkan ke kecamatan. Hal itu diharapkan bisa meminimalisir sampah di Kota Jambi.

"Harapannya melalui kecamatan ini bisa mensosialisasikan program pengurangan sampah dari tingkat sumber. Bagaimana sampah-sampah yang dibuang itu sudah melalui proses pemilahan. Sehingga bisa dimanfaatkan kembali," katanya.

Sebelumnya, Kabid Pengelolaan dan Mobilisasi Persampahan DLH Kota Jambi, Kiki mengatakan total petugas kebersihan di Kota Jambi adalah sebanyak 918 petugas.

"Kalau petugas yang dikoordinir oleh DLH itu ada 806 petugas. Selebihnya sebanyak 56 itu telah pindah di Kecamatan Jambi Selatan dan 56 lagi di Kecamatan Telanipura. Itu sesuai dengan anggaran tahun 2022 ini, bahwa sebagian tanggung jawab kebersihan dilakukan oleh pemerintah kecamatan," katanya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...