Antisipasi Karhutla, BPBD Bakal Panggil Semua Perusahaan

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:42:46 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi akan memanggil perusahaan perkebunan di Provinsi Jambi.  Ini untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi.

"Karena untuk penanganan kebakaran hutan ini juga ada kewajiban dari perusahaan,"  kata Bachyuni, Kalaksa BPBD Provinsi Jambi, Kamis (19/05).

Untuk memanggil perusahaan tersebut telah dibentuk satgas penanganan kebakaran hutan. "Kami juga sudah siapkan klaster untuk penanganan kebakaran dari perusahaan, jadi nanti mereka akan berperan juga," sebutnya. 

Kata Bachyuni, saat ini belum ada bantuan pemerintah pusat untuk penanganan kebakaran di Jambi. Mengingat situasi belum dinaikkan statusnya. 

"Helikopter akan datang setelah status naik dari kesiapsiagaan menjadi siaga darurat," ungkapnya.

Hal ini diungkapkannya karena suhu di Provinsi Jambi akhir-akhir ini panas. Ini membuat lahan kering dan mudah terbakar.

Saat ini di Provinsi Jambi sudah  44 hektare lahan yang terbakar. Ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi semakin waspada.

Bachyuni Deliansyah mengatakan bahwa antisipasi mulai dilakukan. Termasuk pemetaan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita mulai melakukan pemetaan untuk daerah rawan terbakar. Karena di Jambi sudah ada yang terbakar," sebutnya.

Saat ini sudah ada dua kabupaten yang menaikkan kesiagaan karhutla. Kedua daerah itu kini berstatus siaga darurat karhutla yakni Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tanjab Timur.
BPBD Jambi juga telah melakukan rapat untuk menaikkan status siaga darurat untuk Provinsi Jambi. "Nanti akan kita naikkan status setelah kita lakukan apel gabungan bersama," sebutnya. (ist)






BERITA BERIKUTNYA
loading...