Maulana : Ajang Pencarian Bakat Atlet Profesional

Enam Pesantren Ikuti Liga Santri Piala Kasad

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:04:39 WIB

LIGA SANTRI: Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, berfoto bersama dengan para santri pesepakbola  usai pembukaan Liga Santri Piala Kasad zona Kota Jambi.
LIGA SANTRI: Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, berfoto bersama dengan para santri pesepakbola usai pembukaan Liga Santri Piala Kasad zona Kota Jambi. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Guna menjalin silaturahmi serta mencari bakat para santri di Kota Jambi, khususnya di bidang sepakbola. Kota Jambi turut digelar Piala Kasad Liga Santri tahun 2022, Senin (20/6). Turnamen bergengsi antar santri ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Jambi, Maulana di Stadion Persijam.

Total ada enam pesantren yang ikut berpartisipasi dalam turnamen ini. Sebagai simbol dimulai acara ini, ia secara simbolis menendang bola di tengah lapangan.

“Ini juga untuk menjalin silaturahmi antar santri, termasuk mencari bakat atlet-atlet baru, khususnya dalam sepak bola di Kota Jambi,” terang Maulana.

Turnamen ini juga kata Maulana turut mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti KONI Kota Jambi, PSSI Kota Jambi, Kodim 0415/Jambi dan lainnya.

Dalam hal ini, ia menegaskan bahwa olahraga merupakan sarana yang bisa mempersatukan bangsa. "Jadi di Liga Santri ini tidak ada lagi bicara kasta, ras, dan lain-lain, semuanya menjunjung tinggi sportifitas dan meninggalkan status," tegasnya.

Harapannya, Kota Jambi dapat mewakili Provinsi Jambi pada tingkat nasional di Piala Kasad Liga Santri tahun 2022. “Nanti yang menang akan kembali bertarung di tingkat provinsi Jambi. Harapannya Kota Jambi dapat mewakili di tingkat nasional,” jelasnya.

Dengan adanya turnamen ini, dapat juga memberikan kesempatan kepada santri untuk memiliki prestasi di bidang olahraga. Termasuk muncul bibit-bibit pesepakbola dari kalangan santri yang mampu membawa nama baik pesantrennya.

Perlu diketahui, Liga Santri akan diawali dengan penyisihan tingkat kabupaten/kota lalu berlanjut ke provinsi. Kompetisi ini diawasi oleh Asosiasi Kabupaten/Kota dan Asosiasi Provinsi PSSI bekerja sama dengan komando wilayah TNI AD setempat.

Tim-tim terbaik dari provinsi akan melangkah ke putaran nasional yang rencananya berlangsung di Jakarta. 

Laga pembuka mempertemukan antara Pesantrean As'ad melawan Pesantrean Tawakal. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...