Bawaslu Gelar Lawatan ke Parpol

Langkah Awal Pencegahan Pelanggaran

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:11:53 WIB

 Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi
Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Tahapan Pemilu 2024 sudah mulai bergulir. Sebagai langkah awal dalam pencegahan sengketa Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi mulai melakukan lawatan ke partai politik yang dalam waktu dekat akan melaksanakan verifikasi sebagai syarat menjadi peserta Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi. "Kami melakukan audiensi kepada partai politik sebagai langkah awal dalam melakukan pencegahan," katanya, Rabu (22/6) kemarin.

Ia mengatakan, dalam lawatannya ini pihaknya memprioritaskan partai politik yang memiliki kursi di DPR RI. Setelah ini, langkah yang sama juga akan dilakukan kepada partai non parlemen termasuk partai baru. Langkah ini ditargetkan harus selesai sebelum partai politik mendaftar di KPU.

"Langkah ini dilakukan agar nanti tidak ada alasan partai ketika ditemukan pelanggaran oleh kami, partai menyebutkan tidak ada diingatkan," ujar Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal ini.

Sekedar informasi, partai politik sudah mulai melakukan pendaftaran di KPU pada 29 Juli ini. Khusus untuk partai pemilik kursi di parlemen, hanya akan dilakukan verifikasi administrasi. Sedangkan partai non parlemen dan partai baru, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

Di bagian lain, proses perekrutan calon Anggota Bawaslu Provinsi Jambi periode 2022 - 2024 hingga kemarin sudah ada 4 orang pendaftar dan beberapa orang melakukan konsultasi.

"Sudah ada yang konsultasi, termasuk juga ada yang mendaftar," sebut salah satu staf Sekretariat Timsel.(fey) 






BERITA BERIKUTNYA
loading...