Bentuk Satgas, Pj Bupati Tebo Minta PKS Utamakan Buah Lokal

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:15:51 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, Dari Tebo dilaporkan, Pj Bupati Tebo akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus yang bertugas mengawasi dan mengendalikan pembelian dan harga sawit di wilayah tersebut. Satgas ini dibentuk karena adanya informasi pengelola Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di daerah itu lebih mengutamakan pembelian TBS dari luar.

Informasi ini diketahui dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPRD Tebo dan pengelola PKS di wilayah tersebut, Selasa (21/6) lalu. Pada RDP tersebut, Ketua DPRD Tebo Mazlan sudah menegskan kepada pengelola PKS jangan sampai lebih mengutamakan TBS dari luar kabupaten Tebo, sementara TBS petani lokal dinomor dua kan.

Dia mengatakan PKS yang beroperasi di Tebo harus mengutamakan TBS petani local. Karena PKS tersebut menggunakan fasilitas yang dibangun oleh pemerintah daerah (Pemda) Tebo. "Utamakan lah TBS lokal, kami akan turun kelapangan melakukan pengecekan,"katanya.

Pj Bupati Tebo Aspan yang mendapat informasi adanya perusahaan perkebunan Kelapa Sawit (PPKS) di Kabupaten Tebo yang mengutamakan Delivery Order (DO) dari luar Tebo langsung berang. Menurutnya, PPKS yang berada di Kabupaten Tebo seharusnya memberikan DO dan mengutamakan buah yang ada di Kabupaten Tebo, dibandingkan buah dari luar. Karena ini tentu bisa menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Tebo

Dia makin marah besar karena menerima informasi bahwa buah dari luar Tebo dibeli PKS lebih tinggi dibandingkan buah dari petani local. "Selisih buah yang dibeli dari luar Tebo Rp 200 per kg. Jika ini benar, kita akan lakukan evaluasi," tegasnya, Rabu (22/6).

Untuk memastikan informasi itu, lanjut Aspan, dia akan membuat tim Satgas di luar pengawasan dari dinas terkait. Satgas yang akan dibentuk kerjanya kurang lebih sama seperti Satgas Ketahanan dan Pangan di Kabupaten Tebo.

Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega menyatakan siap membantu program PJ Bupati Tebo Aspan. Termasuk membentuk Satgas atau tim khusus. ‘’ Polri siap membantu ataupun mendampingi program Satgas atau tim khusus yang akan di bentuk dari pak Bupati," katanya. (uri)






BERITA BERIKUTNYA
loading...