Warga Diimbau tak Percaya Jasa Calo Paspor

Kamis, 04 Agustus 2022 | 08:15:48 WIB

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kerinci
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kerinci (Saudi Arabia/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, KERINCI - Masyarakat kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, yang melakukan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci, masih ditemukan menggunakan jasa calo.

Informasi yang diperoleh, untuk membuat paspor per paketnya, masyarakat dikabarkan membayar seluruhnya mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 5 juta per orang melalui Calo.

Bahkan, Imigrasi Kerinci pun pernah menemukan warga yang membuat paspor dengan menggunakan jasa calo, untuk melakukan pejalanan ke luar negeri seperti Malaysia.

Kasubsi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci, Muhammad Rizki Hidayat, mengatakan masyarakat masih ada yang percaya calo. Padahal sekarang pembuatan paspor sekarang sudah banyak kemudahan.

"Pernah kami dapati 4 orang mengurus paspor melalui calo. Kami tanya, dia menjawab Rp 4 Juta sampai Rp5 juta," ungkap Rizki di ruang kerjanya bersama Kepala Subseksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian, Albabun Ilham kemarin.

Menurut mereka pembayaran Rp 5 juta tersebut, bukan untuk membuat paspor. Tapi untuk sistem paket, seperti mulai dari keberangkatan hingga dengan sampai di tempat tujuan.

"Sempat kami menanyakan, kata mereka sistem paket, mulai dari pembuatan paspor, biaya perjalanan, penginapan, termasuk kapal feri dan lainnya. Tapi itu di luar kewenangan kami. Yang jelas kalau untuk membuat paspor tetap Rp 350 ribu, itu pun ditransfer melalui bank," bebernya.

Sedangkan Kasubsi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian, Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci, Albabun Ilham, menambahkan,bahwa, pembuatan paspor sudah ada tarif yang telah ditetapkan.

"Sesuai prosedurnya untuk membuat Paspor normalnya 1-4 hari membayar Rp 350 ribu, sedangkan membuat paspor untuk cepat 1 hari siap, biayanya Rp 1 juta, sudah ada tarifnya di dinding kami tempel, agar masyarakat mengetahuinya. Semuanya biayanya itu ditrasnfer melalui bank, tidak melalui kami," jelasnya.

Untuk proses membuat paspor saat ini, lanjutnya cukup mudah dengan mendaftar dulu di e-Paspor, dijadwalkan untuk ke kantor.

"Kalau untuk pembayarannya langsung melalui Bank, setelah itu baru ke kantor Imigrasi untuk pembuatannya,"tambahnya.(sau)






BERITA BERIKUTNYA
loading...