Hujan Masih Berpotensi Turun di Seluruh Jambi

Jumat, 05 Agustus 2022 | 08:22:57 WIB

BANJIR: Genangan di depan Transmart Kota Jambi saat hujan turun pada Kamis Sore (4/8). Hingga sepekan ke depan BMKG memprakirakan masih akan turun hujan di seluruh Jambi.
BANJIR: Genangan di depan Transmart Kota Jambi saat hujan turun pada Kamis Sore (4/8). Hingga sepekan ke depan BMKG memprakirakan masih akan turun hujan di seluruh Jambi. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Cuaca sepekan kedepan (periode 1-7 Agustus) diperkirakan didominasi  cerah berawan. Namun berpotensi ada hujan dengan intensitas ringan hingga lebat untuk seluruh wilayah dialam Provinsi Jambi. Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Jambi Ibnu Sulistyono, Kamis (4/8).

Kata dia, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang juga diperkirakan terjadi pada siang, sore, malam, dan dinihari. 

Kepala BMKG Stasiun Jambi, Ibnu Sulistyono mengatakan, peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencanag terjadi di seluruh wilayah kota dan kabupaten dalam Provinsi Jambi.

“Terjadi pada siang, sore, malam dan dini hari,” kata Ibnu, kemarin (4/8).

Dengan kondisi cuaca saat ini sebut Ibnu, suhu udara umumnya pada 17 derajad celcius hingga 32 derajad celcius, dengan kelembapan udara 65 hingga 98 persen.

“Untuk arah angin umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 5 hingga 25 km per jam,” katanya.

Sementara tinggi gelombang pada wilayah perairan dan pelabuhan dalam Provinsi Jambi, kata Ibnu, umumnya dalam kategori tenang hingga rendah. 

“Berkisar 0,1 hingga 1,25 meter,” ujarnya.

Lebih lanjut Ibnu menyebutkan, saat ini Jambi masih dalam musim kemarau. Untuk itu perlu diwaspadai timbulnya titik panas di wilyah Provinsi Jambi.

Dijelaskan Ibnu, berdasarkan data BMKG Stasiun Jambi, pada Juli 2022 terpantau ada 151 titik panas. Yakni Kabupaten Batanghari 23 titik panas, Bungo 4 titik panas, Kerinci 2 titik panas, Merangin 30 titik panas, Muaro Jambi 8 titik panas, Sarolangun 26 titik panas, Tanjabbarat 37 titik panas, Tanjabtim 3 titik panas, Tebo 17 titik panas dan Kota Jambi 1 titik panas. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...