Sumbangan BUMD Tebo Hanya Rp7 Miliar Setahun

Jumat, 05 Agustus 2022 | 08:24:38 WIB

(Zainur/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, TEBO – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Tebo Holding Company (THC) harus bekerja keras. Pj Bupati Tebo, Aspan, memberi peringatan keras kepada manajemennya.

Sebab selama berdiri, tidak ada keuntungan signifikan diberikan BUMD ini untuk PAD Tebo. H Aspan meminta direksi PT THC, memaparkan rencana kerja dan pendapatan. Dikatakan oleh Aspan, terhitung sejak tahun 2014 berdiri PT THC hanya menyumbang Rp 7 miliar.

Dana itu berasal dari 5 item pekerjaan, yakni kerja sama dengan PT TMA, bengkel, beras, tiketing, dan umrah. Namun dari semua pekerjaan itu kerja sama dengan PT TMA menjadi penyumbang terbesar.

Dalam satu tahun, PT TMA menyumbang pendapatan mulai dari Rp 1 M hingga Rp 2 M. Menurut Aspan ini sangat memprihatinkan. Tidak pun PT THC bekerja, pendapatan itu dipastikan masuk ke dalam pendapatan daerah.

Sementara dari, usaha bengkel, beras, tiket dan umroh dalam satu tahun hanya menghasilkan PAD sebesar Rp400 juta.  Melihat ini Bupati memberi peringatan khusus untuk satu-satunya badan usaha milik Kabupaten Tebo ini.

"Saya tanya, PAD itu bersih atau kotor, tenyata itu bukan pendapatan bersih,” katanya.

Untuk itu pejabat di BUMD ini, diberi waktu dua bulan untuk memperbaiki pendapatan. Jika tidak, harus ada penyesuaian personel. Jika dibandingkan PAD dan biaya operasional sangat berbanding terbalik.

"Saya beri waktu 2 bulan, jika hanya TMA, penyesuaian antara pendapatan dan personel. Kalau seperti ini kita rugi terus,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, bidang alat dan kelengkapan (alkal), pada Dinas PU-PERA Kabupaten Tebo, juga terjadi rasionalisasi anggaran. Rasionalisasi ini sesuai dengan pendapatan yang diperoleh dari bidang alkal.

"Sama halnya dengan alkal. Mengajukan operasional Rp700 juta untuk pendapatan  hanya Rp300 juta,” katanya. (uri)






BERITA BERIKUTNYA
loading...