PetroChina Raih Penghargaan Atas Dukungan Keberhasilan Transformasi Perpustakaan di Provinsi Jambi

Jumat, 05 Agustus 2022 | 13:34:13 WIB

()

Jambione.com - Kota Jambi, "Pendidikan yang tidak pernah putus adalah di ruang bacaan," ujar Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI, Subekti Makdriani dalam Stakeholder Meeting Provinsi Program Tansformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022 di Kota Jambi, Kamis (4/8/2022).

Sebagai salah satu stakeholder yang berperan penting dalam peningkatan literasi di Provinsi Jambi, PetroChina International Jabung Ltd. diikutsertakan dalam kegiatan ini. Fauzan Ibrahim selaku Acting Government and Relations Superintendent PetroChina International Jabung Ltd., Ahmad Ramadlan selaku Government and Relations Advisor PetroChina International Jabung Ltd., dan Resmanudin selaku Community Development Staff PetroChina International Jabung Ltd. menjadi perwakilan dalam meeting.

PetroChina memberikan bentuk kemitraan dalam peningkatan literasi dengan kolaborasi dan sinergi kebijakan perusahaan, atas komitmen sosial yang menjadi agenda prioritas kegiatan OPD. Gerakan literasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat misalnya, telah dimulai sejak tahun 2017, dengan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dengan buku-buku dan peralatannya. Sedangkan gerakan literasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, PetroChina berperan membangun perpustakaan desa dengan peralatan dan buku untuk Desa Pandan Jaya, Kecataman Geragai pada tahun 2021.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, sebagai bentuk apresiasi, PetroChina memperoleh piagam penghargaan dari Gubernur Jambi Al Haris, atas peran serta dan dukungan dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi di Provinsi Jambi yang diserahkan langsung oleh Syamsurizal selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

"PetroChina dengan program CSR, tetap memprogramkan dan membantu program literasi perpustakaan baik di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Kita akan membuat strategi khusus supaya nanti kita membantu program perpustakaan di daerah," ujar Fauzan Ibrahim selaku Acting Government and Relations Superintendent PetroChina International Jabung Ltd.

"Gedung perpustakaan kami di Provinsi Jambi, terbuka untuk umum," ujar Syamsurizal selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

Syamsurizal berharap kepada stakeholder dapat terus melaksanakan kegiatan peningkatan literasi terhadap masyarakat sekitar. Dirinya menyebut, PetroChina terus memberikan pelatihan di bidang literasi, baik di tingkat kabupaten/kota ataupun di tingkat desa.

"Kegiatan Stakeholder Meeting Provinsi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022 dapat terlaksana dengan baik. Kami terus menggaungkan literasi di Provinsi Jambi. PetroChina salah satunya, berkontribusi dengan mobil perpustakaan kelilingnya di Tanjung Jabung Barat. Dari 2018, pemerintah pusat memberikan pembinaan terhadap Provinsi Jambi, diberikan bantuan kepada 3 sampai 4 kabupaten. Tahun ini, 4 kabupaten dan 20 desa yang mendapat bantuan dari pusat. Harapan kami, kita bisa berkolaborasi dengan semua pihak. Dari 2016 sampai hari ini, perpustakaan yang belum tersentuh hanya di 3 kabupaten, yakni Merangin, Kerinci, Tanjung Jabung Timur. Di Tanjung Jabung Timur ini ada PetroChina yang memberikan mobil perpustakaan keliling," ujarnya.

“Provinsi Jambi dalam perkembangan literasi dan minat baca sangat baik sekali dimana pada sebelum memasuki pandemi Covid-19, untuk di Jambi jumlah pengunjung ke perpustakaan dalam seharinya bisa mencapai 400 - 500 orang dan pada masa pandemi tutup, di 2021/2022 kita mulai bergerak kembali. Dukungan dari pusat dan provinsi maupun daerah, maka perpustakaan juga berharap dari pihak lain seperti PetroChina yang sudah membangun dan membantu perpustakaan di Jambi,” tambahnya.

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI, Subekti Makdriani menuturkan, amanat pembinaan seluruh jenis perpustakaan bukan hanya tugas pusat, di tingkat provinsi juga harus ikut berkontribusi. Dalam hal ini, negara berkewajiban memajukan kecerdasan bangsa.

"Kegiatan ini serentak diikuti di tingkat provinsi. Pada waktu yang sama, pejabat tinggi dan pustakawan utamanya ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan ini. Di Provinsi Jambi ini, semua bantuan mobil sudah diterima. Beberapa stakeholder juga sudah memberikan mobil. Di Jambi ini juga ada pojok digital untuk membaca. Kali ini harus ada pemerataan, kalau dulu di tingkat desa, sekarang di tingkat kelurahan," tuturnya.

“PetroChina salah satu yang menyumbang, tentang mobil (red: perpustakaan keliling). Mudah-mudahan bukan hanya sekedar mobil, tapi juga membangun secara berkesinambungan. Entah itu dalam bentuk buku, entah itu dalam bentuk bangunan gedung, entah itu dalam bentuk sarana-sarana lain. Seperti pojok baca digital,” tambahnya.

“Terima kasih PetroChina,” ujar Elvaro Islami Muryadi sebagai perwakilan Duta Baca Provinsi Jambi tahun 2021. (Ut)






BERITA BERIKUTNYA
loading...