Hakim Tolak Eksepsi PT HAL, Sidang Berlanjut ke Pembuktian

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:33:44 WIB

(RUDI SAPUTRA/JAMBI ONE)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Eksepsi tergugat perkara hubungan industrial PT Hutan Alam Lestari kandas. Dalam sidang yang dipimpin, Ketua Majelis Hakim, Romy Sinatra mengadili dengan menolak eksepsi absolut dari tergugat.

"Mengadili, satu, menolak eksepsi tergugat tentang kompetensi absolut," katanya, Selasa (16/8).

Dalam amar putusannya, majelis hakim mempertimbangkan bukti-bukti dan mengadili secara objektif. Sidang perkara dugaan PHK sepihak yang dilakukan PT HAL yang berada di Batanghari, Jambi dilanjutkan di Peradilan Hubungan Industrial (PHI) Jambi dengan agenda duplik dan putusan sela.

 Poin kedua menyatakan Peradilan Hubungan Industrial (PHI) Pengadilan Jambi berwenang memeriksa dan mengadili perkara a quo. Menurut Riski Lionanto selaku kuasa jukum penggugat, majelis hakim memiliki pertimbangan dalam menolak eksepsi tergugat.

Pertimbangan majelis hakim diungkapkan Riski, adalah adanya bukti surat pengangkatan jabatan direktur karir yang diemban Husin pada perkara nomor 14.

"Jelas dinyatakan disitu bahwa si penggugat dalam perkara nomor 14 ini adalah karyawan," katanya.

 Kemudian dia mengungkapkan bahwa dalam surat yang dikeluarkan direktur utama itu juga disebutkan mengenai tugas-tugas Husin selaku direktur.

"Surat kuasa yang pernah dikeluarkan oleh direktur utamanya yaitu memberikan perintah ke penggugat untuk melakukan A, B, dan C seperti itu. Jadi jabatan itu sebagai direktur karir," ungkapnya.

Sebelumnya bahwa eksepsi absolut yang diajukan tergugat ditolak majelis hakim terkait perkara Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan PT Hutan Alam Lestari (HAL).

Penasihat Hukum Penggugat, Riski Lionanto menyebutkan pada Putusan Sela pada perkara nomor 14 yang memutuskan eksepsi absolut yang diajukan tergugat ditolak majelis hakim. Selaku kuasa hukum dari perkara nomor 14, Ferdian menyampaikan rasa syukurnya atas putusan yang dikeluarkan hakim dengan mempertimbangkan bukti yang disampaikan.

"Mengucapkan banyak terimakasih atas putusan Majelis Hakim yang objektif dan memeriksa seluruh bukti bukti yang sudah kami sampaikan di awal," ujarnya.(usd)






BERITA BERIKUTNYA
loading...