Kejari Tebo Sosialisasikan Kepatuhan Iuran BPJS -TK

Rabu, 21 September 2022 | 08:40:23 WIB

Kajari Tebo, Dinar Kripsiaji
Kajari Tebo, Dinar Kripsiaji (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, TEBO- Tunggakan iuran perangkat desa di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) hingga September 2022 mencapai Rp. 130

2 juta. Jumlah ini tersebar di 75 desa se-Kabupaten Tebo. Untuk menagih ini, BPJS-TK, gandeng kejaksaan negeri Tebo.

Dipanggil untuk diberikan penjelasan dari 75 desa yang menunggak iuran BPJS-TK hanya 32 desa yang hadir. Kajari Tebo, Dinar Kripsiaji mengatakan, saat ini masih disosialisasikan untuk pembayaran iuran BPJS-TK. "Silakan dianggarkan, itu sudah ada Perdanya," katanya.

Dijelaskan Dinar, ketika ditanya apakah ini akan berujung ke proses hukum. Kepala Kejaksaan Negeri Kejari Tebo ini, mengatakan, selagi tidak ada niatan dari perangkat desa untuk merugikan negara, akan diberikan kesempatan untuk membayar.

Kata dia, iuran BPJS-TK yang sudah ada payung hukum ini, merupakan amal ibadah. Jadi harus dilakukan, selain iurannya yang hanya Rp.14 ribu, jaminan sosial yang diperoleh juga dapat membantu apabila perangkat desa terkena musibah.

"Selagi tidak ada niat mencuri, merugikan negara. Lain cerita kalau anggaran yang ada tidak dibayarkan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPJS-TK Tebo lintas, Reza Sahria mengucapkan terimakasih kepada Kejari Tebo yang membantu menyampaikan tentang kepatuhan dalam membayar iuran BPJS-TK yang bersumber dari dana desa (DD).

"Saya apresiasi dengan kejaksaan negeri Tebo dengan sosialisasi yang dilakukan kepada desa-desa yang tercantum dalam keanggotaan BPJS-TK,” katanya.

Dia berharap, dengan sosialisasi yang dilakukan oleh kejaksaan. Perangkat desa yang tergabung dalam jaminan sosial pada BPJS-TK dapat nyaman melaksanakan tugas. 

"Dengan sosialisasi yang dilakukan, tidak ada lagi tunggakan pembayaran iuran,” ungkapnya.

Di saat yang sama juga diserahkan piagam perhagaan kepatuhan dalam perlindungan program  BPJS-TK kepada masyarakat dan perangkat desa, pada  Desa Suka Damai dan Desa Wanareja Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo. (uri)






BERITA BERIKUTNYA
loading...