Unja Loloskan Proposal Grant Riset Sawit BPDPKS Kemenkeu RI 2022

Jumat, 23 September 2022 | 08:46:18 WIB

()

JAMBIONE.COM, BOGOR - Universitas Jambi (Unja) mengikuti penandatanganan ‘Perjanjian Program Kerja Litbang Grant Riset Sawit (GRS) K22 dan Program Pengembangan SDM PKS’ Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan RI di IPB International Convention Center Bogor, Rabu (21/09/2022). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut rangkaian seleksi atas proposal penelitian dan pengembangan GRS K22.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur BPDPKS, Eddy Abdurrachman, dan Ketua LPPM Unja, Dr. Ade Octavia, S.E., M.M., bersama 17 pimpinan Lembaga Penelitian dan Pengembangan penerima program GRS K22. Kegiatan dihadiri para pimpinan BPDPKS, Komite dan Narasumber Litbang BPDPKS, Tim Pokja Pengembangan SDM PKS, serta Lembaga Penelitian dan Pengembangan dan Tim Peneliti.

“Grant Riset Sawit merupakan salah satu program unggulan BPDPKS yang kami laksanakan secara regular setiap tahun, sebagai bagian dari upaya kami untuk mendorong pengembangan riset di sektor kelapa sawit, yang hasilnya diharapkan dapat dimanfaatkan dalam pengembangan industri nasional yang berkelanjutan,” ujar Direktur BPDPKS, Eddy Abdurrachman.

Riset yang dilakukan harus mampu memberi solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh industri kelapa sawit saat ini, seperti peningkatan produktivitas, sustainability, dan awareness terhadap lingkungan dan isu-isu global serta mendorong penemuan/inovasi produk atau pasar baru.

UNJA berhasil meloloskan 1 dari 46 judul proposal penerima Program GRS K22 dari berbagai Lembaga Penelitian dan Pengembangan di Indonesia. Proposal tersebut dari Bidang Sosial Ekonomi dan Manajemen, yakni ‘Persepsi dan Adopsi Petani Terhadap Implementasi Indonesian Sustainability Palm Oil: Sebuah Analisis, Review dan Outlook’. Sebagai ketua tim adalah Dr. Fuad Muchlis, S.P., M.Si., dengan anggota: Dwi Nurul Amalia, S.P., M.Si. (UNJA); Dr. Araz Meilin, S.P., M.Si. (BRIN); Ahmad Syariful Jamil, S.P, M.Si. (BPP Jambi & Kementan RI); Ahmad Zainuddin, S.P., M.Si. (Univ. Jember); serta Resti Prastika Destiarni, S.E., M.Si. (Univ. Trunojoyo Madura).

Ketua LPPM UNJA, Dr. Ade Octavia, S.E., M.M., memberikan apresiasi atas usaha dan pencapaian tim dalam proses seleksi ini.

“Selamat kepada tim, semoga riset ini berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan, UNJA sebagai perguruan tinggi yang wilayahnya merupakan penghasil kelapa sawit terus berkomitmen mendorong praktek baik perkebunan dan industri kelapa sawit berkelanjutan, melalui kegiatan riset dan pengembangan. Kita mendorong kepada para peneliti dan berharap di tahun mendatang jumlah judul dari berbagai bidang yang ditawarkan BPDPKS dapat kita raih,” ujar Dr. Ade.(unja.ac.id / tya)






BERITA BERIKUTNYA
loading...