Tenaga Guru dan Kesehatan Jadi Prioritas

Seleksi CPNS 2023 Segera Dibuka

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:07:45 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Ini kabar gembira bagi pencari kerja yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah memastikan akan membuka kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Kepastian ini langsung disampaikan MenpanRB, Abdullah Azwar Anas.

Dia mengatakan, pemerintah akan membuka seleksi CPNS dan PPPK tahun 2023. Hanya saja, jadwal pasti pembukaan CPNS belum diumumkan hingga saat ini. ‘’Seleksi CPNS sudah dipastikan akan dibuka tahun 2023. Tinggal menunggu jadwal tahapan pendaftaran hingga tahapan tes dari pemerintah,’’ katanya.

Seperti tahun tahun sebelumnya, informasinya pada penerimaan CPNS 2023 ini tenaga kesehatan dan guru bakal jadi formasi paling banyak. Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemepan-RB Mohammad Averrouce, mengatakan kebutuhan validnya belum jelas. Namun jika dilihat dari kebutuhan nasional, tenaga guru dan kesehatan masuk sebagai salah satu prioritas berdasarkan tingkat kepentingannya.

Mengenai jadwal pembukaan, Mohammad Averrouce masih menunggu proses seleksi PPPK selesai. Mengingat, saat ini memang masih dalam proses, karena Kementerian atau Lembaga masih dalam proses seleksi administrasi PPPK 2022.

 "CASN kan ada CPNS sama PPPK. Kebutuhan untuk guru dan kesehatan banyak diperlukan. Saya kira di 2023 nanti dibutuhkan lagi. Kemungkinan bisa lebih banyak karena mesti lihat lagi kan kebutuhannya," kata Averrouce.

Berdasarkan empat arah kebijakan CASN 2023 ada beberapa poin penting, yaitu dalam poin pertama disebutkan 'fokus pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan sebagai langkah penyelesaian masalah tenaga non-ASN'. Sementara pada poin kedua adalah 'merekrut CPNS secara sangat selektif'.

Poin ketiga berbunyi 'memberi kesempatan rekrutmen talenta-talenta digital, data scientist, dan bidang-bidang lain secara terukur'. "Mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital," begitu bunyi poin keempat.

Nah, bagi yang berminat mengikuti seleksi CPNS harussSelalu update informasi mengenai CPNS. Jangan sampai tidak lagi memperbarui informasi seputar CPNS. Bukan tidak mungkin ada perubahan ketentuan, perubahan tanggal. Atau juga bisa jadi BKN memberikan kisi-kisi mengenai tes seleksi.

Kemudian, persiapkan dokumen yang diperlukan. Mengingat kelengkapan dokumen merupakan syarat mutlak. Pastikan sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap.Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

Dikutip dari ayobandung.com, seleksi CPNS tahun 2023 memang memiliki sejumlah tahapan yang harus dipersiapkan oleh peserta.

Selanjutnya yang perlu dipahami adalah tahapan tahapan seleksi CPNS. Sepertui tahun sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara Online dengan cara membuka link sscasn.bkn.go.id- buat akun baru- login dan pilih formasi yang akan diikuti selanjutnya tunggu pengumuman kelulusan.

Lalu,  Tes SKD CAT. Pada tahapan tes ini peserta akan mengisi 110 soal pilihan ganda yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. 110 soal dibagi dalam 3 kategori soal yaitu Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.  Penilaian menggunakan sistem Passing Grade, dan penilaian akhir menggunakan sistem ranking. Tahapan berikutnya Tes SKB, tes yang diujikan berbeda-beda sesuai bidang formasi yang dilamar. Pengumuman Akhir dengan cara nilai SKD + nilai SKB = nilai akhir. (ist)






BERITA BERIKUTNYA
loading...