Seiring Berlakunya UU No 1 Tahun 2022

Optimis Pajak Daerah Capai Rp400 Juta

Selasa, 24 Januari 2023 | 07:39:09 WIB

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Wali Kota Jambi Syarif Fasha optimis peningkatan pajak di Kota Jambi bisa mencapai Rp400 miliar, jika pajak kendaraan bermotor dapat lebih dioptimalkan. Hal ini sesuai dengan 

berdasarkan undang-undang nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

Dimana dijelaskan Fasha, sebelumnya hasil pajak kendaraan bermotor dibagi dengan persentase 70 persen untuk pemerintah provinsi dan 30 persen untuk pemerintah kabupaten kota.

Persentase tersebut, dikatakan Fasha tidak berimbang. Lantaran kebanyakan kendaraan-kendaraan tersebut, melewati jalan kabupaten kota.

"Karena yang punya mobil adalah warga kabupaten kota dan banyak melewati jalan kabupaten dan jalan kota," katanya.

Dengan kehadiran UU No. 1 Tahun 2022 itu, ditetapkan persentase lebih besar dari hasil pajak kendaraan bermotor untuk pemerintah kabupaten kota.

"Keluarlah undang-undang Nomor 1 tahun 2022 yang membalik ini semua.

Yang 67 atau 63 persennya itu menjadi kabupaten kota dan selebihnya itu menjadi pemerintah provinsi," kata Fasha.

Ia berharap, penerapan undang-undang bisa segera dilakukan agar pengoptimalan pendapat asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor ini bisa segera terealisasi.

"Tetapi masih banyak pemerintah provinsi yang mungkin akan mengulur ini semua," ujarnya.

Lebih lanjut Fasha mengatakan, jika pajak kendaraan bermotor ini bisa dioptimalkan. Maka ia optimis peningkatan pajak di Kota Jambi yang sebelumnya lebih dari Rp300 miliar. Dengan adanya pajak kendaraan bermotor bisa mencapai angka Rp400 miliar.

"Seandainya ini berjalan sesuai tracknya nanti, maka Kota Jambi akan mendapatkan peningkatan pajak hampir Rp400 miliar," sebutnya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...