Truk Batu Bara Tabrak Gardu PLN, 120 Rumah Warga Pall Merah Mati Lampu

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:23:43 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI– Truk batu bara kembali mengalami kecelakaan yang merugikan masyarakat banyak. Namun kali ini bukan menabrak pengendara, tapi menabrak tiang gardu PLN di Kecamatan Pall Merah, Kota Jambi hinga roboh ke tengah jalan. Parahnya lagi, bukannya bertanggung jawab, sopir truk malah kabur dan mencabut nopol mobilnya untuk menghilangkan jejak.

 Peristiwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 00.00  WIB malam tadi. Akibat kejadian sebanyak 120 warga yang merupakan pelanggan PLN di Kecamatan Pall Merah Kota Jambi terdampak.
120 warga saat ini mengalami pemadaman listrik. Hingga pukul 21.00 WIB Selasa malam perbaikan belum juga selesai.

Asisten Manager Jaringan dan Konstruksi PLN Persero UP3 Jambi, M Arham Ginting, mengatakan, gardu tersebut  menyuplai listrik ke pelanggan sekitaran Gardu di kawasan tersebut. “Kejadiannya sekitar jam 12 malam tadi, kondisi gardu yang ditabrak rusak,” katanya, Selasa 24 Januari 2023.

Menurutnya, pihaknya memang melakukan pemadaman listrik kepada 120 warga sekitar.
Sebab, pihaknya akan melakukan perbaikan terlebih dahulu. Ginting mengatakan, akibat truk batu bara tabrak gardu PLN itu, mengakibatkan dua tiang patah dan 1 buah trafo, dan konstruksi serta beberapa peralatan yang rusak. “Maka, harus diperbaiki dulu dan 120 pelangan PLN listriknya dipadamkan,” ujarnya.

Akibat truk batu bara tabrak gardu PLN itu, menurutnya PLN UP3 Jambi mengalami kerugian hingga ratusan juta. "Kalau kerugian ini mencapai Rp 150 jutaan," kata dia. Bahkan saat ini kondisi gardu juga mesti diperbaiki lagi lantaran juga menimpa angkutan batu bara yang menabraknya.

Sementara, Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi mengatakan, truk batu bara tanpa Nopol tabrak gardu PLN itu akan ditahan selama satu bulan. “Akan ditahan selama satu bulan untuk angkutan batu baranya,” ujarnya.

Sementara, Kanit Gakkum Laka Lantas Polresta Jambi, Iptu Zarkasih mengatakan, saat itu kondisinya, truk batu bara itu masih dengan muatan, dan akan menuju kawasan pelabuhan.
Kejadian truk batu bara tanpa nopol tabrak gardu PLN itu karena laka tunggal. "Iya ini kejadian laka tunggal," kata Iptu Zarkasih.

Akibat truk batu abra tanpa nopol tabrak gardu PLN ini, kata dia sempat membuat Kawasan tersebut macet. Pihaknya pun, kata dia sampai melakukan buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan. "Dan saat ini kondisi truk masih tertimpa oleh tiang gardu dan belum dapat di evakuasi karena mesti menggunakan kendaraan crane," ujar Zarkasih.

Dugaan sementara, menurutnya sopir truk batu bara tanpa Nopol tabrak gardu PLN itu lantaran diduga mengantuk. Saat ini sopir itu juga alami luka-luka dan telah dilarikan ke Rumah Sakit. "Kalau dugaan sementara ya bisa saja mengantuk karena numburnya tiang gardu PLN kan yang di seberangan jalan," tandas Zarkasih.[tim]






BERITA BERIKUTNYA
loading...